27/07/2024

V20 Siapkan Rekomendasi Landasan Nilai Membangun Kebijakan Pada G20

 V20 Siapkan Rekomendasi Landasan Nilai Membangun Kebijakan Pada G20

Values20 (V20) sedang menyiapkan rekomendasi nilai – nilai yang mesti menjadi landasan G20 dalam membuat kebijakan. Dari forum V20 ini diharapkan bisa mendorong negara G20 membangun kebijakan dengan dasar – dasar nilai (value).

Co- Sherpa Values20 (V20) 2022 Alissa Wahid, Selasa (9/8) dalam side event untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia 2022 dengan mengangkat tema “Sustainability Compass: Peran Nilai-nilai dalam Menghadapi Tantangan Global” mengatakan, V20 adalah forum yang diselenggarakan para ahli dalam berbagai bidang yang meyakini dalam melakukan apapun harus ada nilai dasarnya, termasuk forum G20 dalam membangun ekonominya harus juga memiliki dasar – dasar.

Baca Juga :  Bank Indonesia Perkaya Wawasan Insan Media Bali Terkait Presidensi G20 Indonesia

G20 pada awalnya membahas tentang ekonomi karena 20 negara itu merupakan ekonomi terbesar di dunia kemudian berkembang menjadi urusan negara- negara, saat ini berbagai hal dibahas. Dominan kebutuhan negara adalah perdamaian dan pekerjaan yang layak.

“Ini (kebutuhan dominan negara) bisa diselesaikan dengan menanamkan nilai – nilai. Kalau kita tidak punya nilai  – nilai itu susah sekali. Ya.. dengan demikian menang- menangan, yang kuat yang menang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polisi Bebaskan Suami Yang Dilaporkan Aniaya Istrinya

Dengan instrumen Compass Keberlanjutan, Forum V20 akan merekomendasikan  Komunike V20. Instrumen Compass Keberlanjutan tersebut menggunakan 4 pendekatan yaitu alam dan lingkungan, ekonomi, kesejahteraan, dan kemasyarakatan.

Alissa menambahkan, selama ini dunia tidak memiliki nilai -nilai panduan untuk mengatur kehidupan bersama. Akibatnya ketegangan kelompok masyarakat semakin tinggi terutama berbasis mayoritas dan minoritas.

“V20 adalah forum yang diselenggarakan para ahli dalam berbagai bidang yang meyakini dalam melakukan apapun harus ada nilai dasarnya, termasuk forum G20 dalam membangun ekonominya harus juga memiliki dasar dasar,” ungkapnya.

Menurutnya, dari forum ini bisa mendorong negara G20 membangun kebijakan dengan dasar value agar tercipta perdamaian dunia.