Pandemi, Dua Event Besar Dilaksanakan di Bali

 Pandemi, Dua Event Besar Dilaksanakan di Bali

Sirkuit nasional panahann/ist

Denpasar – Tahun ini Bali akan menjadi tempat diadakannya dua event besar event sirkuit nasional panahan pada 24 – 30 Maret dan kejuaraan motorcross grand prix pada Juni mendatang.

Sirkuit nasional panahann/ist2

Sebelumnya, Bali telah beberapa kali menjadi tempat pelaksanaan event besar internasional seperti pertemuan IMF – WB, Apec, pertemuan dokter anak se-Asia Afrika.

Baca Juga :  Tukad Bindu, "Wakanda" di Tengah Kota Denpasar

Saat APEC tahun 2013, ekonomi Bali tumbuh tinggi 8%an. Sedangkan pada event IMF – WB, ekonomi Bali mampu tumbuh 6,35%. Lalu bagaimana dengan dua event besar tahun ini, apakah akan mampu mengangkat ekonomi Bali di tengah pandemi?

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bali Hanif Yahya, Jumat (26/2), kegiatan MICE seperti rapat – rapat tingkat internasional di Bali contohnya Bali Democrasy Forum, yang anggotanya dari negara luar akan berdampak positif pada ekonomi Bali, karena MICE adalah salah satu yang dapat menarik kunjungan wisatawan berkualitas.

Selama ini Bali terus berupaya mendatangan wisatawan berkualitas. Salah satu upayanya dengan mengundang kegiatan MICE di Bali. “Saat inilah waktu yang tepat untuk mendatangkan wisatawan berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga :  DPP Dewan Ivendo Selenggarakan Pelatihan Officer CHSE

Banyakan jedatangan orang ke Bali terlihar pada pertumbuhan ekonomi Bali triwulan 4 2020 yang tumbuh 0,94% (qtq), karena pada triwulan 3 ada liburan sekolah yang banyak memanfaatkan Bali sebagai tempat wisata.

Dampak positif lainnya adalah upaya untuk menunjukkan kepada dunia luar/internasional bahwa tempat wisata di Bali telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Sehingga melalui event ini bisa menjadi promosi gratis bagi Bali di tengah pandemi,” ujarnya.tta