23/05/2024

No Ribet, Tak Perlu Keluar Uang Banyak

 No Ribet, Tak Perlu Keluar Uang Banyak

No ribet, tak perlu keluar uang banyak. Mari hidup minimalis ! Ajakan hidup minimalis semakin menggema lantaran semakin menjamur dan menggilanya belanja online yang ujung – ujungnya barang yang dibeli engga dipakai.

Kesadaran orang akan belanja hal yang tidak perlu mulai tumbuh, kemudian dituangkan di sosial media. Sobat Balidailynews.com tentu pernah mengalaminya. Misalnya kamu suka lihat foto produk unik, lucu dan menggemaskan. Lalu klik masukkan ke keranjang. Meski awalnya ragu, tapi ujung – ujungnya kamu check out juga.

Sahabat @ibupintar.indonesia minggu ini  mengulas tentang bagaimana trik hidup minimalis yang bisa menyelamatkan uang di dompet kita loh mom. Pemilik akun @ibupintar.indonesia @ayuwindakurniawan, ada 5 Tips Gaya Hidup Minimalis:

1. Dimulai dengan merapikan rumah

Merapikan rumah adalah langkah awal untuk memulai hidup minimalis. Kamu bisa melakukannya secara bertahap di mulai dari kamarmu. Pilah barang yang masih digunakan dengan yang tidak pernah digunakan lagi.

Dengan begitu, kamu akan menyadari betapa banyak uang yang telah kamu keluarkan demi membeli barang yang bahkan sama sekali tidak kamu gunakan. Pada akhirnya, kamu akan lebih hati-hati membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang tidak kamu butuhkan.

2. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Banyak dari kita yang tanpa sadar memiliki banyak barang yang karena berbeda warna/series. Pada akhirnya tidak semua barang tersebut digunakan, tapi kamu hanya menggunakan yang paling membuatmu berfungsi sama, hanya nyaman. Coba cek, ada berapa pasang sepatu di rakmu?

Baca Juga :  Yoga Segara--Dikukuhkan Jadi Guru Besar Antropologi Budaya UHN IGB Sugriwa

Dari sebanyak itu, berapa yang kamu gunakan? Lebih baik membeli barang sekali namun berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Hal ini akan menghemat lebih banyak uang untuk jangka panjang.

3. Rajinlah merawat barang milikmu

Biasanya kita akan malas untuk merawat barang yang banyak, karena akan memakan banyak waktu. Beda dengan merawat satu barang, tentu akan amat kita sayang. Lakukan perawatan rutin atas barang pada barang yang kamu miliki. Hal ini bisa membuat barang bertahan lebih lama, sehingga kamu tidak perlu terlalu sering membeli barang pengganti.

4. Pilih barang multifungsi

Seperti halnya mengutamakan kualitas barang daripada kuantitas, barang yang multifungsi mungkin akan lebih banyak menyedot uang di awal. Namun hal ini merupakan langkah penghematan jangka panjang dan memiliki keunggulan pada segi kepraktisan.

5. Membeli bahan makanan seperlunya

Membeli bahan makanan berlebihan dengan alasan stok tidak baik untuk makanan itu sendiri, karena ada beberapa makanan yang tidak bisa bertahan lama. Akibatnya, makanan yang sudah rusak harus dibuang dan ini tentu merupakan pemborosan.

Baca Juga :  Kunjungi Keliki, Desa Energi Berdikari Pertamina— Wakil Sekretaris Departemen Energi AS Terkesan dengan Leadership Komunitas

Daripada belanja berlebihan, lebih baik mengatur jadwal belanja misal sepekan sekali. Jangan lupa kunjungi instagram @ibupintar.indonesia.  tta