16/04/2024

UMKM Bali Ayo Jajaki Pasar Panama, Kosta Rika, Honduras dan Nikaragua!

 UMKM Bali Ayo Jajaki Pasar Panama, Kosta Rika, Honduras dan Nikaragua!

Amerika Tengah khususnya Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua merupakan negara yang memiliki iklim tropis seperti halnya Bali. Sehingga secara alam rata-rata memiliki kesamaan dengan Indonesia.

Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan berbagai kerja sama. Misalnya dalam bidang pertanian, pariwisata, industri, kesehatan, pengembangan fasilitas logistik, serta kerjasama bidang pendidikan khususnya pengembangan teknologi.

Duta Besar RI untuk Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua Sukmo Harsono menyampaikan, pandangan tentang kondisi hubungan ekonomi dan sosial budaya Indonesia dengan Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua serta peluang kerja sama yang dapat dikembangkan yaitu, peluang ekspor impor dan industri pariwisata.

Baca Juga :  Inovasi BI – Dorong BPD Bali Menjadi Penerbit KKI Pertama di Indonesia

Ia menyebut, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) belum lama ini menyelenggarakan Forum Bisnis Indonesia – Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin American and the Carribean/INA-LAC) untuk mendorong peningkatan nilai perdagangan dan investasi antar Indonesia dan negara-negara di Amerika Latin dan Karibia.

Sebagai upaya untuk meningkatkan ekspor ke Amerika Latin dan Karibia. Kementerian Luar Negeri memiliki platform digital INA-LAC (Indonesia-Latin America and Caribia) yakni https://www.ina-access.com/ . Pengusaha Bali bisa memanfaatkan platform digital INA-LAC, hingga para pengusaha Bali dan negara-negara Amerika Latin dan Karibia dapat bertemu secara virtual dengan fasilitas one-on-one business meeting yang disediakan di dalamnya. Jelas Sukmo Harsono.

Perlu diketahui, Panama adalah hub bagi kawasan Amerika Latin dan Caribia, yang bisa dimaksimalkan oleh UMKM Bali dan sektor industri kreatif Bali menembus Amerika Latin.

Sukmo Harsono menyatakan siap membantu Bali dan tak ingin Bali hanya bertumpu pasa sektor pariwisata saja.”Saya siap membantu Bali untuk Ekspor Impor terutama Industri Pariwisata,” ucap Sukmo.

Sukmo berharap dan mengajak Pemerintah Provinsi Bali bisa melaksanakan pameran dagang dan pameran budaya di Panama.

Baca Juga :  BEI Gelar Literasi dan Inklusi Virtual Pasar Modal Syariah

Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Karo Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara mengatakan, pengembangan produk Bali menjadi bagian prioritas dari program pemerintah Provinsi Bali khususnya dalam meningkatkan UKM/UMKM Bali.tta