23/02/2024

Jangan Sembarangan Buang Obat, Akibatnya Akan Bikin Kamu Kaget

 Jangan Sembarangan Buang Obat, Akibatnya Akan Bikin Kamu Kaget

Tahu engga sih, obat tidak boleh disimpan apalagi dibuang sembarangan lho Sobat Balidailynews..

Ada cara -cara khusus memperlakukan obat yang benar. Dosen Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Udayana Apt. Made Ary Sarasmita, S.Farm., M.Farm.,Klin. menjelaskan, untuk mempermudah masyarakat untuk mengingat, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merangkum cara memperlakukan obat dengan istilah Dagusibu.

Baca Juga :  Serbuk Kayu Jadi Pembangkit Listrik PLN

1. Da (Dapatkan)
Belilah obat di tempat yang paling terjamin yaitu di apote, karena penyimpanan obat di apotek lebih terjamin sehingga obat sampai ke tangan pasien dalam kondisi baik, keadaab fisik dan kandungan kimianya belum berubah.

2. Gu (Gunakan)
Gunakan obat dengan benar. Penggunaan obat harus sesuai dengan aturan yang tertera pada wadah atau etiket. Obat jenis antibiotik harus dikonsumsi sampai habis. Pastikan apoteker memberitahukan cara pemakaian obat yang diberikan dengan jelas, khususnya untuk obat denga sediaan yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum.

3. Si (Simpan)
Supaya obat yang kita pakai tidak rusak maka kita perlu menyimpan obat dengan benar, sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kemasan. Kebanyakan obat tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk itu obat perlu disimpan di tempat yang tertutup dan kering. Selain itu jauhkan obat dari anak – anak dengan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak – anak.

Baca Juga :  PSHT Denpasar Buka Pendaftaran Anggota Baru

4. Bu (Buang)
Bila obat telah kadaluarsa atau rusak maka obat tidak boleh diminum. Untuk itu obat perlu dibuang. Obat jangan dibuang secara sembarangan, agar tidak disalahgunakan. Obat dapat dibuang dengan terlebih dahulu dibuka kemasannya, direndam dalam air, lalu dipendam di dalam tanah.tta