Lima Hal Bikin Dompet Tetap Tebal di Tanggal Tua

 Lima Hal Bikin Dompet Tetap Tebal di Tanggal Tua

Baru gajian, eh udah habis aja. Padahal mesti membeli atau membayar tagihan di akhir bulan, yang mana orang – orang biasanya gajian di awal bulan. Engga mau dong, kondisi keuangan seperti ini terus menimpamu? Pelajari mulai dari sekarang cara mengelola keuanganmu ya Sobat Balidailynews.

Pengelola instagram ibupintar.indonesia Kadek Ayu Windasari menjelaskan, sobat Balidailynews harus mulai dari sekarang membuat rencana keuangan keluarga atau RKK. Dengan membuat RKK, kamu akan mengetahui gambaran apa saja sih pengeluaran yang akan kamu keluarkan bulan depan dan berapa pendapatan yang kamu hasilkan.

Baca Juga :  63.000 UMKM Menambah Daya Listrik

Dengan mengetahui gambaran pengeluaran serta pendapatan, kamu akan lebih mudah mengaturnya. Jadi kamu engga akan mengira – ngira lagi, apa saja dan berapa uang yang dikeluarkan untuk membayar atau membeli sesuatu.

Tips membuat RKK ini juga menjadikan kamu tetap memiliki uang di akhir bulan, jadi kamu tetap bisa makan ataupun membayar tagihan meski sudah akhir bulan, yang mana di akhir bulan uang gajian atau penghasilan kamu biasanya sudah habis untuk beli ini itu yang belum tentu penting atau kamu butuhkan.

Selain membuat RKK, ada beberapa tips yang mesti kamu lakukan ketika gaji atau penghasilanmu sudah masuk ke rekening.

  1. Bayar semua tagihan di awal gajian.

Membayar tagihan di awal gajian untuk menghindari kamu terkena denda ataupun diblacklist oleh penagih. Jadi sebelum uangmu habis untuk belanja yang tidak terencana, mending kamu bayar tagihan dulu deh.

  1. Jangan remehkan uang receh.

Tips yang satu ini, susah tapi membantu. Terutama buat kamu yang males banget ada uang receh di dompet karena tidak estetik dan bikin dompet berat. Tapi lumayan membantu loh receh ini. Apalagi jika receh koin dikumpulkan dan ditukar di minimarket berjejaring. Bisa beli kebutuhan kulkas deh.

Baca Juga :  Apa Bisa Terapkan Fitur Keselamatan pada Kendaraan Low MPV? Cek Spesifikasi Hyundai Stargazer

Uang receh juga bisa jadi tabungan tak terduga lho teman – teman. Misalnya nih ada yang hobi koleksi uang receh Rp 2.000-an. Setiap dapat uang pecahan Rp 2.000 an dimasukkan ke dalam celengan atau dompet khusus. Jangan dihitung ya.. teman – teman. Suatu saat, mungkin bulan depan atau tahun depan ingin membuka. Makanya nilainya cukup membantu membeli barang elektronik.

  1. Batasi Pengeluaran Tidak Penting

Tunda membeli keinginan, dan fokus memenuhi kebutuhan! Konsep berpikirnya seperti ini ya.. Sobat Balidailynews. Jika barang atau jasa tersebut bukan kebutuhanmu atau keluarga, lebih baik tunda untuk membeli. Itu berarti hanya keinginanmu untuk membeli.

Banyak kejadian belanja online yang over kapasitas artinya melebihi budget pendapatan kita. Gambar – gambar atau foto – foto yang menarik memang kerap mengundang keinginan kita untuk membali, padahal belum tentu produk itu merupakan kebutuhan kita. Ketika barangnya datang, eh.. ternyata kita engga terlalu intens memakainya. Jadi rugi kan membeli? Bisa – bisa uangmu habis untuk belanja online dan ketika pertengahan bulan atau akhir bulan ada kebutuhan mendadak yang harus kamu beli, dompetmu sudah kosong melompong.

  1. Batasi Pergi ke Supermarket

Buat kamu yang hobi nawar, mending pilih pasar tradisional untuk berbelanja, karena tentu di supermarket kamu tidak bisa menawar harga. Tentu dengan harga yang lebih murah, kamu akan bisa berhemat dan memiliki simpanan di dompet ketika hari gajian masih jauh.

 

  1. Tinggalkan Kartu Kredit

Tips yang satu ini perlu niat yang kuat buat kamu yang sudah kecanduan belanja pakai kartu kredit. Memang, akan susah untuk meninggalkan kartu kredit. Tapi jika kamu memulainya dari sekarang, kebiasaan tersebut akan bisa dihilangkan.

Kebiasaan menggunakan kartu kredit biasanya membuat hobi belanjamu tidak terkontrol. Sehingga ketika bulan depan membayar tagihan kartu kredit, kamu akan kaget dengan tagihannya. Sementara gajimu sudah dialokasikan untuk membeli kebutuhan sehari – hari.tta