Tat Art Space X Beluluk, Pakedek Pakenyem Pawisik

 Tat Art Space X Beluluk, Pakedek Pakenyem Pawisik

Menurut kearifan lokal Bali, pakedek pakenyem merupakan sebuah ungkapan populer yang begitu melekat di tengah masyarakat yang berarti tertawa dan tersenyum. Secara figuratif, ungkapan ini merupakan seruan sukacita untuk setiap masalah yang kita rasakan.

Diibaratkan dengan setiap kesulitan yang kita lalui, tentunya ada baiknya apabila kita tetap menjalani segala sesuatunya dengan senyum dan tawa. Sedangkan pawisik yang berarti wahyu, merupakan isyarat semesta pada manusia akan sesuatu yang telah/sedang/akan terjadi.

Baca Juga :  PT Pelindo Berbagi Paket Sembako Gratis Nyepi

“Pakedek, Pakenyem, Pawisik” merupakan sebuah ekshibisi solo Putu Dian Ujiana, seorang kartunis di balik karakter Beluluk. Berawal dengan penglihatan Putu Dian terhadap banyak isu hangat di sekitarnya, Beluluk menjadi sebuah media alternatif populer berbasis kartun online yang mengkritik banyak hal.

Melalui pameran “Pakedek, Pakenyem, Pawisik” ini, Putu Dian dan Beluluk ingin mengajak siapa pun yang melihat untuk merasuk lebih dalam pada setiap perasaan yang kita miliki, menerimanya dengan baik, dan mewujudkannya dalam bentuk tulisan sebagai cipta pembebasan setiap ide yang mengungkung kepala kita.

Baca Juga :  Seniman Asal Malaysia Gelar Pameran Lukisan Table Talk

Terdapat pula sebuah seri spesial bertajuk “Speak Up” yang berisi 30 karya Beluluk yang bisa dituliskan dan dibeli oleh siapa pun yang ingin mengungkapkan buah pikirannya. Tentunya, siapa pun pernah melalui masa sulit dalam hidup. Tentunya, ada banyak hal eksternal yang pernah menjatuhkan tiap kita dari waktu ke waktu.

Namun tidakkah lebih mudah rasanya apabila kita mau menertawakan setiap kesulitan itu? Tidakkah lebih menenangkan rasanya apabila kita memiliki mereka yang bisa kita bagi setiap asam garam kehidupan? Eksibisi ini memiliki tujuan serupa yakni mengajak teman-teman semua untuk bersama menerima dan mensyukuri segala bentuk karsa manusia melalui setiap tulisan dan cerita yang ada.

Tertawa dan tersenyumlah bersama. Wujudkan setiap isyarat yang kau punya dan ungkapkan setiap rasa yang ada.

 

“Speak Up”

Berisi 30 karya berbeda dengan gelembung dialog yang kosong, seri ini hadir sebagai ajakan bagi siapa pun yang melihat untuk meresponnya dengan apa yang ingin disampaikan. Beluluk ingin mengajak serta teman-teman semua untuk berani mengungkapkan isi hati tanpa terkecuali.

Melalui seri ini pula, siapa pun bisa memiliki sebuah karya Beluluk dengan sepotong ceritamu sendiri sebagai buah tangan yang dapat mengingatkan secercah keberanian hatimu dalam menyampaikan buah pikiran. Miliki suaramu sendiri hari ini dengan langsung menuju resepsionis The Ambengan Tenten.