24/07/2024

Samsam Guling Bu Ayu, dengan Bumbu Genep Khas Kedonganan 

 Samsam Guling Bu Ayu, dengan Bumbu Genep Khas Kedonganan 

Kuliner yang satu ini patut dicoba. Tidak hanya tampilannya yang menggugah selera, rasanya juga menggigit. Bukan hanya babi guling yang punya ikon kriuk pada kulitnya. Samsam guling juga mirip – mirip babi guling loh. Bedanya, hanya bagian samcan dari babi yang digunakan. Sementara bagian kepala, dada, kaki, dll tak ikut serta diguling.

Samcan atau samsam merupakan bagian perut yaitu bagian paling favorit dari babi karena pada bagian samcan terdiri dari kulit, daging dan lemak. Lemak inilah membuat kulit dan dagingnya lentur jika diolah dan dimasak dengan benar.

Baca Juga :  Dorong Budaya Gemar Membaca, BRI Sumbangkan 300 Kacamata

Owner Samsam Guling Bu Ayu, Kedonganan Ni Wayan Sudiayu, Senin (23/8) mengatakan dalam satu porsi nasi samsam guling terdiri dari samsam guling bagian kulit dan dagingnya, gorengan babi, sate, lawar, daun singkong, kerupuk, dan kuah iga babi.

Seporsi nasi samsam guling Bu Ayu Kedonganan/tta

Selain samsam guling, Bu Ayu juga menyediakan ayam guling dan babi genyol. Tidak perlu menunggu lama, 5 menit hidangan sudah di meja. Penyajiannya yang bersih turut membuat liur menetes.

Chef I Made Suarsa, suami Bu Ayu merupakan peracik bumbu dari samsam guling. Ia yakin, rasa yang diciptakan berbeda dengan samsam guling lainnya, karena ia menggunakan pakem bumbu genep ala Kedonganan. “Kalau bumbu genep ala Kedonganan itu lebih pedas, rasanya lebih kuat dan aromanya tajam. Bumbu genep di setiap wilayah di Bali memiliki ciri khasnya masing – masing,” ujarnya.

Chef I Made Suarsa/tta
Baca Juga :  Warung Semat Dua, Cara Sejuk Menikmati Samsam Guling Mulai dari Rp 25.000

Sebagai seorang chef, ia berupaya menciptakan standar rasa samsam guling yang memiliki kekhasan dibanding yang lain. Benar saja, bumbu genep yang juga merupakan bumbu babi guling bercita rasa khas. Rasa jangu atau jeringau dan wangen lebih dominan di lidah.

Sate lilitnya tak kalah menggiurkan.Takaran adonan yang pas membuat teksturnya kenyal dan lembut. Sementara lawarnya merupakan hasil cincangan nangka muda rebus dengan tingkat kematangan yang pas, tidak over cook, tidak juga mentah. Hanya saja bumbu lawar tidak terlalu kuat, seperti bumbu samsam. Daun singkong rebus yang dilumuri basa genep mengimbangi porsi daging dalam satu porsi nasi samsam.

Bu Ayu memotong samsam guling yang akan disajikan ke pengunjung/tta

Tentu saja Primadonanya yaitu samsam tak kalah melelehkan liur. Kulitnya yang tebal terasa legit di mulut. Sementara  bagian isi dari samsam empuk dan lembut. Made Suarsa menyebutnya autentik Balinese food, karena samsam dipanggang menggunakan arang yang merupakan cara asli memanggang.

Pelengkap paket nasi samsam guling tentu saja kuah atau sup bumbu Bali. Isinya iga babi dan potongan lobak. Eits.. jangan terkecoh dengan kuahnya. Walaupun warnanya agak bening, tapi siapa sangka rasanya kuat dengan rempah – rempah ala Balinese Food. Padanan yang pas untuk nasi samsam guling.

Penikmat kuliner ini, tidak hanya dari penduduk setempat tapi juga masyarakat dari luar Kedonganan bahkan dari luar Bali. Artis – artis ibukota serta chef ternama juga pernah mampir lho.

Seporsi paket nasi samsam guling Bu Ayu dibandrol dengan harga Rp 25.000. Jika kamu hanya ingin  memesan samsam guling juga bisa. Bu Ayu mematoknya dari harga Rp 200.000 per kilogram. Chef Suarsa juga menyediakan samsam guling frozen agar bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

Warung Bu Ayu buka dari pukul 16.00 hingga pukul 23.000. Silakan mampir ke warung sekaligus rumah produksinya di Jalan Kelapa Buntu No.7A, Kedonganan, Kuta atau kamu bisa kunjungi instagramnya dulu agar semakin tak sabar tuk mencobanya.tta