18/07/2024

Pertanian Peroleh Kemudahan Listrik

 Pertanian Peroleh Kemudahan Listrik

Bob Saril/BDN-ist

Denpasar – Guna memajukan sektor pertanian, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mempermudah sektor pertanian untuk mengakses listrik. Kemajuan sektor pertanian dapat dimulai dengan mendorong sektor ini tetap produktif. Caranya dengan memberi kemudahan mengakses listrik.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril, Selasa (29/12) melalui pertemuan virtual mengatakan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian negara, khususnya saat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Peringatan Hari Pajak 2024 Kantor Wilayah DJP Bali: Tegar Melangkah Walau Tantangan Menghampar

“Hal ini tentu memberi semangat bagi kami untuk bersinergi dengan pemerintah, pelaku usaha tani dan stakeholder lain dalam memperluas dukungan listrik dalam peningkatan produktivitas, mendorong efisiensi para pelaku usaha tani dan mendukung penggunaan energi ramah lingkungan di sektor pertanian,” ujar Bob.

Kemudahan yang diberikan berupa pembiayaan mengaksess listrik oleh perbankan bagi para pelaku usaha sektor pertanian. Pembiayaan tersebut digunakan untuk dapat berpartisipasi dalam program electrifying agriculture PLN, sosialisasi dan pemasaran bersama, serta pertukaran data dan informasi untuk mendukung program electrifying agriculture.

Baca Juga :  Pajak Atas Usaha Ekonomi Digital Tembus Rp24,12 Triliun

Kemudahan mengakses listrik ini merupakan wujud dukungan terhadap sektor pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Upaya yang dilakukan melalui elektrifikasi pompa irigasi.

Tak hanya di sektor pertanian, program ini juga mendorong produktivitas di sektor perikanan, perkebunan dan peternakan. Ia berharap kesejahteraan petani dan pemberdayaan SDM pertanian dapat meningkat dengan adanya kemudahan akses listrik ini.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

Baca Juga :  Pemakaian Meningkat, PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Libur Idul Fitri 2024 di Bali

Selain itu, kolaborasi dengan perbankan ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini tengah terdampak pandemi Covid-19. Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menyampaikan, momen ini menjadi peluang bagi petani untuk mendapatkan akses bantuan pembiayaan dari bank. Ia berharap petani dapat memanfaatkan program ini  agar tetap terus berproduksi.tta