Jadi “Bapak Angkat”, BPR Kanti Siap Membantu Lembaga Keuangan Mikro

 Jadi “Bapak Angkat”, BPR Kanti Siap Membantu Lembaga Keuangan Mikro

BPR Kanti menyatakan kesiapan menjadi bapak angkat dari Lembaga Keuangan Mikro seperti koperasi dan LPD melalui skema Apex Bank. Dengan skema ini, lembaga keuangan di Bali akan semakin kokoh menuju kebangkitan ekonomi.

Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba, Rabu (17/11/2021) menyampaikan, kebangkitan ekonomi Bali ini gayung bersambut dengan misi Pemerintah Korea Selatan. Sehingga pada seminar internasional Penguatan Lembaga Keuangan Menuju Bali Bangkit di Era Transformasi Digitalisasi Keuangan itu Korsel menyampaikan dukungannya terhadap perkembangan Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

Baca Juga :  Selamat Kepada Pemenang Toyota Innova dari Program Tabungan Arisanku!

Pemerintah Korsel melalui duta besarnya di Bali, sejak Maret 2021 menyerap aspirasi dan melihat potensi yang bisa dikerjasamakan. Dengan membaiknya ekonomi Bali dair krisis ditambah dengan status Covid 19 turun ke level 1 akan menuju Bali Bangkit.

Untuk menuju Bali Bangkit, LJK perlu menyiapkan beberapa hal. Yaitu mempersiapkan SDM dengan mengawali  kerjasama dengan LSP Micro Finance Indonesia, BRI Riset Instituter agar SDM BPR Kanti  tersertifikasi kompeten.

“Sampai saat ini baru beberapa orang dari account officer, legal, STK, kepala bagian kredit dan kepala kantor kas yang memiliki kompetensi dan ini adalah modal  menuju Bali Bangkit. Ketika SDM siap, kami, BPR Kanti bisa melaksanakan fungsi – fungsi Apex Bank dan men-support lembaga keuangan mikro seperti koperasi, LPD, dan BPR misalnya dari sisi modal usaha,” bebernya.

Baca Juga :  BI Perkenalkan QRIS ke Atlet yang Akan Ikuti PON Papua

Dalam hal ini, BPR Kanti juga  bekerjasama dengan lembaga keuangan lain seperti Bank Mayapada. Mereka pun telah menunjukkan komitmen dengan membantu Rp 50 miliar. Diakui bantuan tersebut akan segera disalurkan untuk back up BPR, koperasi, maupun LPD.

Amitaba juga bercita – cita, dengan Apex Bank, BPR Kanto turut memperkuat capacity building SDM dari mitra kerja seperti koperasi, LPD, BPR. BPR Kanti juga akan mem-back up bankir – bankir, lembaga ataupun SDM dari berbagai persoalan hukum yang dihadapi sehingga LKM di Bali akan semakin kuat menuju Bali Bangkit.tta