Hal Kecil yang Bikin Kamu Nyaman di Rumah, Apakah Itu?

 Hal Kecil yang Bikin Kamu Nyaman di Rumah, Apakah Itu?

keluarga harmonis/ist

Rumah yang rapi bersih itu pasti bakal meningkatkan mood kita setiap harinya. Mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi kita mesti atur, supaya semua kegiatan dan goal kita berjalan lancar. Hal kecil yang disebut beberes rumah, akan membuat kamu nyaman tinggal di rumah.

Tentunya, rumah yang bersih dan rapi adalah rumah yang sehat dan menyehatkan penghuninya. Siapapun yang akan berkunjung ke rumah, juga akan merasa nyaman saat berkunjung.

Berikut ini, sahabat @ibupintar.indonesia akan membagi tips mengatur rumah di kala kesibukanmu yang padat. Dengan rumah yang rapi dan bersih, kamu pasti akan punya semangat baru tiap pagi. Simak tips berikut:

Baca Juga :  Tips Berbisnis Kuliner Ala Harry Paramuda

1. Harus Punya Prinsip Decluttering
Jika kita lupa punya barang tersebut artinya kita TIDAK BUTUH barang tersebut. Artinya kamu tidak perlu membeli barang – barang yang tidak perlu, yang akhirnya justru menjerumuskan rumahmu menjadi kepenuhan barang – barang.

Jika barang tersebut tidak kita gunakan lebih dari 1 tahun, itu artinya kita TIDAK BUTUH barang itu. Sekali lagi, kamu harus cerdas memilah mana barang yang harus dibeli, mana yang tidak.

Tiap barang yang kita punya itu ada “RUMAHNYA”, punya tempatnya dan memang barang itu bisa meningkatkan produktivitas kita. Ini prinsip dasar dari rumah yang rapi yah.. karena dengan menempatkan barang pada tempatnya tentu akan membuat tatanan rumah lebih rapi, karena setiap barang berada di tempatnya masing – masing. Dengan menempatkan barang pada tempatnya, kamu juga akan mudah mencarinya ketika digunakan. Contohnya, meletakkan remote AC dan TV pada tempatnya, menaruh sisir di meja rias, menaruh sepatu pada rak sepatu, dll.

2. Buat Jadwal

Buatlah jadwal beberes harian, mingguan dan bulanan, bahkan tahunan. Misalnya jadwal beberes harian yaitu menyapu dan mengepel. Jadwal mingguan misalnya membersihkan kamar mandi. Jadwal bulanan misalnya memilah mainan anak dan pakaian di lemari yang terpakai dan tidak. Jadwal tahunan misalnya mengecat dinding luar rumah.

3. Perhatikan Dekorasi Ruangan
Kebanyakan dekorasi atau printilan – printian kecil justru akan bikin kamu males bersih – bersih. Karena printilan kecil ini sulit dibersihkan, selain bikin kamu lama untuk bersih – bersih. Padahal, walaupun printilan itu engga ada, tidak akan menjadi masalah dengan rumahmu. Misalnya pigura – pigura kecil atau souvenir pernikahan teman yang terpajang. So.. kamu bisa pikirkan dari sekarang, barang – barang tersebut mau dipajang atau tidak.

4. Tumpukan Kertas Buku di Atas Meja
Hilangkan semua dan jika penting letakan pada laci khusus. Penyimapanan alat tulis juga harus dipastikan yang terpakai saja dan meja dalam kondisi kosong.

5. Bersihkan Ruangan Sebelum Tidur
Sulit memang tapi ini amazing banget! Pastikan tidak ada piring kotor di dapur sebelum tidur. Sapu lantai dan pel. Saat bangun dan sebelum bepergian pastikan kasur kamu rapi dan bersih.

Selamat mencoba! Yuk pantengin terus instagram @ibupintar.indonesia karena banyak tips dan solusi dari masalah kamu setiap harinya. Semoga bermanfaat.tta