24/04/2024

BNPT Libatkan Pecalang Untuk Cegah Aksi Terorisme

 BNPT Libatkan Pecalang Untuk Cegah Aksi Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan dialog kebangsaan “Peran Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Menjelang Pelaksanaan KTT G20” dan deklarasi kesiapsiagaan nasional untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam mencegah aksi terorisme menjelang KTT G20.

Deklarasi kesiapsiagaan nasional dan dialog diadakan guna mencegah terjadinya tindak pidana terorisme. Kegiatan diadakan di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Bali, pada hari Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :  Tradisi Makotek dari Bali Masuk Dalam Rangkaian Ruwatan Nusantara

Kesiapsiagaan nasional merupakan salah satu program pencegahan tindak pidana terorisme yang diamanatkan dalam UU Anti Terorisme. Upaya kesiapsiagaan salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat.

Mengingat pentingnya peran masyarakat dalam mendukung pengamanan penyelenggaraan KTT G20, BNPT menggandeng 200 unsur masyarakat yang merupakan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh mahasiswa, dan pecalang.

Baca Juga :  Task Force Energy, Sustainability & Climate B20 Gerak Cepat Untuk Sukseskan G20

“Ini sangat penting (pencegahan aksi terorisme) setidak-tidaknya narasi-narasi yang terbangun hari ini mengingatkan kembali kepada kita semuanya, bahwa betapa pentingnya ditengah keberagaman bangsa kita. Kita terus untuk membangun api toleransi yang tidak boleh padam,” tegas Boy Rafli.

Ia menyampaikan kolaborasi unsur masyarakat, pemerintah, dan juga dengan tokoh-tokoh yang ada senantiasa perlu dibangun sehingga Indonesia akan terus menjadi negeri yang damai, negeri yang harmoni, negeri yang sejahtera adalah harapan dan dambaan kita semua.MP