24/04/2024

Berhasil Rumuskan Komunike V20– Diharapkan Negara G20 Membangun Ekonomi dengan Tidak Mengabaikan Lingkungan

 Berhasil Rumuskan Komunike V20– Diharapkan Negara G20 Membangun Ekonomi dengan Tidak Mengabaikan Lingkungan

Hari ke-2 V20 2022 Summit dengan tema Values at The Center berhail merumuskan Komunike V20 dan meluncurkannya pada hari iru, Jumat (21/10/2022). Komunike V20 merupakan puncak dari pembahasan dan diskusi yang dilakukan sejak kemarin oleh puluhan ahli dari seluruh dunia terkait dengan nilai – nilai.

Co Sherpa V20 Alissa Wahid mengatakan, tujuan dari kegiatan ini sudah tercapai baik dari sisi bisnis, kesehatan, BUMN, masyarakat, semuanya hadir memberi sumbangan pemikiran. Pada hari ke-2, agenda hari ini diakui telah menampung berbagai inisiatif dan sudah didiskusikan, disampaikan dalam forum.

Baca Juga :  Pabrik Danone- Aqua, Mambal Lebih Ramah Lingkungan dengan PLTS Atap

Lalu kemudian dilakuka workshop kelas kecil – kecil untuk semua orang yang ingin belajar tentang berbagai hal. “Misalnya bagaimana menanamkan nilai melalui seni, lalu ada kerja – kerja praktisi, bekerja untuk merumuskan dunia ke depan harus dengan nilai – nilai apa, cuma ketika berbicara nilai bukan hanya berbicara tentang yang abstrak tapi benar – benar harus bisa direalisasikan,” ujarnya.

Setelah acara ini, dilanjutkan dengan initiative – initiative lain misalnya gerakan kasih sayang untuk orang tua dan para pengasuh, juga kerjasama dengan initiative – initiative lain yang berhubungan dengan pendidikan keluarga, penanaman toleransi, merawat bhineka tunggal ika, dan semua yang terkait dengan nilai, akan dibuatkan kerjasamanya.

Baca Juga :  BRI Genap Berusia 128 Tahun, Semakin Kuat dan Hebat

Salah satu rarget dari V20 adalah mencapainSustainable Development Goals (SDGs) dengan target 2030, tinggal 7 tahun lagi. “Karena pandemi, sekarang harus ngebut untuk mengejarnya, makanya penting sekali untuk memperbanyak initiative yang arahnya ke pencapaian SDGs itu,” ujarnya.

Rekomendasi V20 ini diharapkan digunakan negara G20 ketika membuat policy. Agar kesepakatan – kesepakatan antar negara G20 itu juga mempertimbangkan nilai – nilai luhur, jangan hanya mengejar pertumbuhaan ekonomi tapi merusak alam. Praktek – praktek bisnis yang justru merusak alam sudah saatnya dikurangi.desi