Berbondong – bondong Tanam Bakau

 Berbondong – bondong Tanam Bakau

Hutan Mangrove saat ini menjadi primadona dunia dan merupakan showcase dalam event KTT G20 di Bali. Vitalnya kebutuhan bakau di kawasan pesisir, membuat berbagai pihak berbondong – bondong menanam bakau.

PLN bersama Kelompok Nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Simbar Segara di Kawasan Hutan Tahura Ngurah Rai Desa Adat Kepaon menanam 5.000 bibit bakau Kamis (29/9). Belum lama ini Fakultas Teknik Universitas Udayana juga menanam bibit bakau sebanyak 157 di Pantai Kelan Kangin pada Minggu (18/9) dan penanaman lain oleh pihak swasta, swadaya maupun kelompok masyarakat yang lain.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai media online tercatat, selain PLN yang menanam 5.000 bibit bakau, pada 31  Agustus 2022 juga ada penanaman bakau sebanyak  5.000 bibit di kawasan mangrove Desa Pemogan. Penanaman dilakukan mahasiswa dari perguruan tinggi di Bali, diinisiasi Djarum Trees For Life.

Baca Juga :  Nikmati Promo Ramadhan Berkah PLN, Tambah Daya untuk Rumah Ibadah Hanya Rp 150 Ribu

Ratusan bibit Mangrove juga ditanam oleh masyarakat Desa Adat Intaran, Sanur, Denpasar pada Selasa, 26 Juli 2022 di Kawasan Muntig Siokan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Industri Jasa Keuangan (IJK) menanam 20.000 bibit bakau di Eco Mangrove Kedonganan, Bali pada Jumat 24 Juni 2022.

Watsons Indonesia pada Kamis, 28 Juli 2022 melakukan penanaman 1.000 bibit bakau di Teluk Benoa, Kabupaten Badung, Bali. Traveloka melakukan penanaman bibit bakau sebanyak 40.000 di Hutan Mangrove, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, Selasa 26 Juli 2022.

Polres Jembrana dan Ditpolairud Polda Bali menanam bakau di Kawasan TNBB Karang sewu, Lingkungan Arum, kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana sebanyak 1.000 bibit.Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar melakukan penanaman pohon bakau  secara massal bersama pengurus DPP dan DPW PKB Bali, serta masyarakat pesisir, para petani dan nelayan di Pantai Keramat Lanceng, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu 11 September 2022 sebanyak 500 bibit.

Baca Juga :  Dorong Budaya Gemar Membaca, BRI Sumbangkan 300 Kacamata

Pada 10 Agustus 2022 PT IPC Terminal Petikemas/IPC TPK anak perusahaan Pelindo menanam bakau di Kawasan Tahura Ngurah Rai, Bali sebanyak 5.000 batang mangrove jenis Rizhopora Mucronata. BRI berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove yang diselenggarakan bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) di Banjar Tegal, Kelurahan Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali pada Selasa, 15 Maret 2022.

Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Made Arya usai menanam bakau Kamis (29/09) menyampaikan bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial atau _Corporate Social Responsibility_ (CSR) perusahaan kepada masyarakat khususnya dalam menjaga kelestarian hutan mangrove.

“Ini merupakan komitmen PLN untuk alam demi menyelesaikan berbagai masalah kerusakan lingkungan, sehingga yang kita lakukan hari ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi ekosistem,” ucap Arya.

Dalam kegiatan ini PLN berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain kelompok nelayan KUB Simbar Segara yang merupakan Mitra Binaan PLN serta UPTD Tahura Ngurah Rai.

I Ketut Subandi selaku Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian PLN yang ikut menjaga kawasan hutan mangrove. “Kami berharap 5.000 bibit mangrove yang kita tanam hari ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik agar dapat menjadi warisan untuk anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Bantuan program penanaman mangrove ini mendapat antusias dari masyarakat setempat dalam rangka menjaga ekosistem pesisir dan laut. Ketut Darsana, Ketua KUB Simbar Segara Suwung Kauh menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dan kelompok nelayan, semoga kegiatan ini bisa berlanjut kedepannya dan menginspirasi kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ekosistem mangrove,” jelasnya.