02/12/2023

Fakultas Pertanian Unud Jajakin Kerjasama dengan Universitas di Jepang

 Fakultas Pertanian Unud Jajakin Kerjasama dengan Universitas di Jepang

Tim FP Unud berfoto bersama Associate Professor School of Agriculture Meiji Univeristy, Fumitaka Shiotsu/ist

Fakultas Pertanian Universitas Udayana menjajaki kerjasama dengan beberapa universitas di Jepang. Oleh karena itu, tim Fakultas Pertanian yang terdiri dari Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. I Nyoman Gede Ustriyana, Koprodi S2 Bioteknologi Pertanian Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, dan Ketua UP3M I Putu Sudiarta, pada 19 -24 Desember 2022 lalu bertandang ke Jepang.

Ustriyana mengatakan, dengan adanya kunjungan ke Ibaraki University (IU) dan Meiji University (MU) dicapai rencana¬† dua program kerjasama pada 2023 yaitu, Cotutelle Program for Master’s Degree antara Unud dan IU dan program join study yang akan dilaksanakan 3 – 8 Desember 2023 antara Unud dan MU.

Baca Juga :  Rektor Unud Melantik Pengurus Ormawa Periode Januari - Desember 2023

Kunjungan ini kata Ustriyana juga bertujuan untuk mendukung kegiatan yang akan diajukan oleh Prodi S1 Agroekoteknologi berupa proposal PKKM terkait kesediaan mitra untuk menjaga tenaga pakar di bidang hidroponik, smart farming dan bioteknologi.

Ustriyana juga membeberkan agenda kegiatan selama di Jepang. Dimulai pada 20 Desember, tim FP Unud berkunjung ke Laboratorium Microbial Ecology dilanjutkan ke Laboratorium Soil and Environmental Science . Dilanjutkan pada 21 Desember 2022 dilakukan rapat secara formal dengan Dekan Collage of Agriculture IU Jepang Prof. Yuji Miyaguchi.

Baca Juga :  HUT XXXI, FPMHD Unud Gelar Baksos di Pura Pucak Mangu

Dalam kesempatan inilah membicarakan kerjasama Cotutelle Program for Master’s Degree. Pihak IU dan Unud setuju menjalin kerjasama dan telah diajukan ke JASO untuk mendapatkan sponsor beasiswa. Pada 22 Desember tim FP Unud berkunjung ke kebun percobaan Ami Campus College of Agriculture IU.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan tentang teknologi menanam melon dan stroberi di rumah kaca yang berguna untuk pengembangan kebun percobaan FP Unud. Pada 23 Desember, tim FP Unud diterima oleh Dekan School of Agriculture MU. Pertemuan tersebut membicarakan tentang  Join Study Desember 2023 di Bali.

Tim FP Unud berfoto bersama Associate Professor School of Agriculture Meiji Univeristy, Fumitaka Shiotsu/ist

Acara ini melibatkan 8 mahasiswa S1 bersama dengan mahasiswa Unud. Selain itu juga disepakati komitmen dengan MU untuk mendukung PKKM yang diajukan oleh Prodi S1 Agroekoteknologi FP Unud.