18/07/2024

Urutan Penggunan Skin Care, Mulai dari Toner, Terakhir Tabir Surya

 Urutan Penggunan Skin Care, Mulai dari Toner, Terakhir Tabir Surya

Rangkaian skin care dari YOU Beauty, seri Radiance Up/shopee

Jika kamu seorang pemula dalam dunia per-skincare-an, tulisan berikut ini wajib kamu simak. Pasalnya tulisan ini telah mendalami berbagai artikel termasuk pengalaman dari penulis sendiri. Apapun merk skin care yang kamu gunakan, pastikan memiliki rangkaian produk yang lengkap karena penting banget memilih merk dengan rangkaian yang lengkap agar hasil yang kamu inginkan lebih efektif. Engga mau dong .. jika produk yang kamu butuhkan tidak tersedia dalam satu merk tersebut sehingga kamu mesti membeli rangkaian skin care dengan merk lain yang belum tentu cocok jika digunakan menjadi satu rangkaian skin preparation (skin prep) sebelum make up.

Berikut tahapan skin preparation sebelum kamu siap pergi ke luar ruangan atau keluar rumah:

1. Milk Cleanser atau Micellar Water

Jika kamu menggunakan make up, maka bersihkan make up terlebih dahulu dengan milk cleanser atau micellar water. Kalau aku biasanya menggunakan dua – duanya. Pertama membersihkan make up dengan milk cleanser, dilanjutkan sisa make up dibersihkan dengan micellar water.

Baca Juga :  Rayakan Annivesary Ke-5, YOU Beauty Ajak Wanita Indonesia Tampil Percaya Diri

2. Face Wash

Langkah kedua adalah tahap pembersihan wajah, membilas dengan air yaitu membersihkan dengan face wash. Setelah dibilas dengan air, barulah terasa kotoran, minyak, debu lenyap hanyut disapu air. Tapi biasanya setelah menggunakan face wash, wajah terasa agak kering.

3. Toner

Ini adalah tahap penting untuk mengembalikan kelembaban kulit pasca dicuci dengan face wash. Toner diaplikasikan menggunakan kapas, agar merata keseluruh kulit wajah. Fungsi penting dari toner adalah menyeimbangkan kembali pH di kulit wajah. Nah, fungsi inilah yang membantu mengembalikan kelembaban kulit wajah. Selain itu, toner juga memberikan efek kesegaran ekstra sehingga kulit siap menerima tahapan skin care selanjutnya.

4. Essence

Bagi pemula, essence mungkin belum lumrah digunakan, bahkan ada yang tidak mengenali rangkaian produk skin care ini. Menurut hellosehat.com, essence memiliki fungsi yang sama dengan serum namun teksturnya berbeda. Essence memiliki tekstur agak cair sedangkan serum lebih kental. Fungsi essence adalah membantu menyiapkan kulit menerima rangkaian skincare berikutnya agar memberikan manfaat yang diharapkan. Maka dari itu, penggunaan essence diaplikasikan paling pertama setelah toner.

Baca Juga :  Musda dan HUT APVA Bali, Ayu Astuti Dharma Kembali Terpilih Jadi Ketua APVA Bali Periode 2022 - 2026

5. Serum

Langkah selanjutnya adalah penggunaan serum. Serum dalam rangkaian skin prep adalah ratunya, karena yang utama dari skin prep adalah pengaplikasian serum. Serum berfungsi untuk melembabkan dan mengatasi masalah kulit. Sehingga jenis serum yang kamu pilih, menentukan hasil dari kulit wajah yang kamu harapkan entah glowing, jerawat bersih, kulit cerah, flek memudar, dll. Maka dari itu, pemilihan jenis serum menyesuaikan dengan jenis kulit atau kebutuhan kulit kamu.

Jika kamu ingin mengatasi kulit kering, gunakan serum yang teksturnya lebih kental sehingga bekerja lebih baik melembapkan kulit. Pilihlah produk dengan bahan aktif yang mampu melembapkan seperti hyaluronic acid, gliserin, dan ceramide. Begitu pun jika kamu mencari serum untuk mengatasi masalah keriput, wajah kusam, atau garis-garis halus, pilihlah serum dengan bahan aktif berupa retinol, alpha arbutin, niacinamide, maupun zat pencerah lainnya.

6. Moisturizing Cream

Setelah serum, penggunaan moisturizing cream juga untuk melembabkan. Namun biasanya, setelah penggunaan essence dan serum, kulit wajah sudah cukup lembab sehingga penggunaan moisturizing cream lebih tipis.

7. Tabir Surya

Jenis tabir surya terdiri dari sunscreen dan sunblock. Pada dasarnya kedua jenis tabir surya itu berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun keduanya berbeda. Sunscreen adalah losion tabir surya yang dapat menembus dan diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Namun, jenis pelindung matahari ini biasanya hanya bertugas melindungi kulit dari sinar UVB. Sedangkan Sunblock adalah tabir surya yang dapat menghalau dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Berkat kandungan titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya, sunblock dinilai efektif melindungi kedua jenis ultraviolet, yaitu UVA dan UVB.