24/04/2024

Sedang Barong Festival ke-3 Digelar, Agar Generasi Muda Tak Lupakan Seni dan Tradisi

 Sedang Barong Festival ke-3 Digelar, Agar Generasi Muda Tak Lupakan Seni dan Tradisi

Desa Sedang mengadakan Barong Festival ke-3 pada Kamis (22/12/2022). Festival Barong kali ini melibatkan anak – anak sekolah di sekitar Desa Sedang mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Festival dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Kepala Dinas Kebudayaan Badung, Camat Abiansemal, perangkat desa, dll.

Ketua Panitia Sedang Barong Festival, Putu Gede Hendrawan mengatakan, festival Barong ini merupakan ketiga kalinya dilakukan sejak 2018, 2019. Namun setelah itu karena pandemi, ditiadakan dan kini kembali diadakan pada akhir tahun 2022.

Baca Juga :  Ratusan Napi di Bali Dapat Remisi Idul Fitri 

Pada festival barong ke-3 ini dikonsepkan berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yaitu melibatkan lembaga pendidikan yang ada di Desa Sedang dan sekitarnya. Selain memperkenalkan budaya barong, ia juga ingin mengingatkan kembali budaya dan tradisi Bali pada generasi muda Bali khususnya yang ada di Desa Sedang.

Parade ogoh -ogoh barong memamerkan 8 -9 jenis barong yang diarak anak – anak sekolah dari SD hingga SMA. Parade ogoh – ogoh barong juga dikreasikan dengan musik Baleganjur yang dimainkan anak anak SMP, SMA yang ada di Desa Sedang.

Baca Juga :  Sedih, Pelaku Perhotalan di Bali Rasakan Simalakama

Tujuan festival ini adalah membangkitkan kecintaan generasi muda pada seni dan tradisi budaya bagi generasi muda, anak -anak Milenial. Momen ini ia gunakan untuk mengingatkan kembali mereka bahwa ini adalah tradisi dan budayanya mereka.

Disamping itu ia juga ingin menginisiasi anak anak muda di Sedang agar berkreasi, berinovasi membuat sesuatu yang bentuknya positif. Selain parade juga diselenggarakan lomba  bapang barong dengan tiga kategori yaitu tingkat SD, SMP dan umum.