23/02/2024

Pasukan Elit Mampu Lakukan Pemeliharaan Tanpa Pemadaman

 Pasukan Elit Mampu Lakukan Pemeliharaan Tanpa Pemadaman

Pasukan Elit yang merupakan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN (Persero) mampu melakukan pemeliharaan tanpa melakukan pemadaman. Pasukan elit ini melakukan pemeliharaan pada jaringan listrik bertegangan 20 kilo volt (kV).

Pemeliharaan yang dirangkai dengan kegiatan berkala bakti PDKB tahun 2023 ini dibuka dengan Apel di Lapangan Parkir VIP GOR Kapten Dipta, Gianyar, Jumat (23/6/2023) merupakan kegiatan preventif dan korektif yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan.

Baca Juga :  Tenang, Sistem Kelistrikan Nusa Penida Telah Di-backup EBT 3,5 MWp

Tak hanya dapat mencegah terjadinya gangguan pada pasokan listrik akibat menurunnya kinerja peralatan dan gangguan dari eksternal, pekerjaan ini juga sekaligus mampu melindungi satwa liar dari risiko tersengat listrik. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menyampaikan bahwa di tengah transformasi industri energi yang cepat dan kompleks, teknologi baru, tuntutan lingkungan serta perubahan kebutuhan pelanggan kian mempengaruhi cara PLN bekerja.

“Namun, saya meyakini bahwa PLN memiliki fondasi yang kuat, sumber daya manusia yang berbakat, dan semangat inovasi yang akan memandu langkah kita menuju masa depan yang sukses,” ucapnya. Kali ini, kegiatan Bakti PDKB akan dilaksanakan dengan target menyasar pada pemeliharaan jaringan secara serentak di 6 jaringan distribusi listrik tegangan menengah dan mencegah terjadinya pemadaman kepada 60.259 pelanggan PLN khususnya di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Gianyar.

Baca Juga :  PLN Dorong Penggunaan Kompor Induksi dengan Lomba Masak

Sebanyak 69 personel Tim PDKB pilihan dan terbaik serta telah lolos seleksi dan telah memperoleh pelatihan dan sertifikasi kompetensi khusus yang berasal dari seluruh wilayah kerja PLN UID Bali. “Saya berharap seluruh anggota Tim PDKB terus memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi serta saling mendukung, tak henti berbagi pengetahuan dan belajar satu sama lain sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi profesional yang andal,” imbuhnya.

Ia pun menekankan agar setiap anggota Tim terus menumbuhkan kepedulian dan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), saling menjaga dan mengingatkan karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Sepanjang paruh pertama 2023, Tim PDKB mampu melaksanakan pekerjaan dengan metode tanpa padam sehingga pelanggan tidak mengalami pemadaman listrik.

Melalui pekerjaan ini, Tim Elit PLN mampu menekan jumlah lama padam hingga 589,45 menit per pelanggan dan meminimalisir frekuensi padam hingga 3,55 kali per pelanggan. Selain itu, dengan melaksanakan perkerjaan pemeliharaan tanpa pemadaman di 3.061 titik pekerjaan, PLN juga mampu menyelamatkan listrik hingga 5,2 Gigawatt hours (GWh) atau serata dengan Rp 6,7 miliar.

Diharapkan dengan kekompakan dan semangat seluruh Tim PDKB, PLN dapat semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memberikan sumbangsih nyata kepada bangsa dan negara.