16/09/2024

Rayakan Kemerdekaan RI ke-79– Santrian Group Lepas Tukik Bersama Wisatawan

 Rayakan Kemerdekaan RI ke-79– Santrian Group Lepas Tukik Bersama Wisatawan

Santrian Group merayakan hari Kemerdekaan RI ke-79 pada Sabtu (17/8/2024) di Hotel Puri Santrian dengan pelepasan tukik. Hotel yang terletak di depan Pantai Sanur ini merupakan habitat penyu hijau. Sehingga selain berbisnis, Santrian Group juga berkomitmen menjaga ekosistem laut dengan pelepasan tukik ini. Demikian disampaikan IB Ngurah Kumbayana, Sabtu (17/8/2024).

Lanjutnya, momen hari kemerdekaan 17 Agustus, menjadi ajang memerdekan diri. Termasuk memerdekan hewan langka yang hidup di laut. Setiap melakukan kegiatan tersebut, selalu disambut antusias wisatawan terutama tamu yang menginap di hotel. Pelepasan tukik ini menurutnya sudah menjadi tradisi karena setiap momen penting seperti 17 Agustus, selalu menjadi ajang untuk kembali merawat alam.

Baca Juga :  Ribuan Pekerja Pariwisata Divaksin di Bali

Dalam setahun penyu 3-4 kali menetas sehingga acara pelepasan pun dilakukan setahun 3-4 kali. Tukik yang dilepaskan merupakan tukik yang lahir di kawasan pantai Puri Santrian, tiga bulan  lalu.

“Memang kita punya program, tukik yang lahir disini kita tangkar lalu kita lepas.  Jadi kita mengundang tamu tamu in house dan dia sangat apresiasi pelepasan tukik ini karena kan penyu hewan yang dilindungi, dan sangat langka,” ujarnya.

Baca Juga :  Bawa Ganja Dari Thailand, WNA Brazil Ditangkap 

Ratusan wisatawan ikut terlibat dalam pelepasan penyu ditambah dengan wisatawan yang kebetulan lewat. Ia berharap, dapat  menjaga ekosistem yang ada di laut dan dapat ditularkak  ke wisatawan.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk berhenti makan lawar penyu, karena merupakan hewan langka. Apalagi karakteristik penyu, dari 85 ekor yang menetas pada periode tersebut, sangat minim yang bisa bertahan hidup.

“Paling dari 85, hanya 5 ekor yang bisa hidup, itu sudah luar biasa. Jadi untuk gagal hidupnya besar karena dimangsa predator baik burung, ikan lain, bertahan hidup susah, belum lagi gedenya ditangkap untuk dikonsumsi, makanya penyu perlu dijaga dan dilindungi,” tandasnya.