Pertamina Gelar Aksi Lingkungan Jaga Rawa

 Pertamina Gelar Aksi Lingkungan Jaga Rawa

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Manggis gelar aksi lingkungan di rawa pantai Labuhan Amuk, Karangasem (08/7/2022). Bertempat di sekitar Rawa Gerobokan Pantai Labuhan Amuk Desa Antiga Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem, Pertamina turut menggandeng POKMASWAS (Kelompok Masyarakat Pengawas) Tirta Segara sebagai kelompok penggerak yang akan membantu dalam proses pelestarian lingkungan Rawa Gerobokan ini.

Dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain pelepasliaran 2.000 bibit ikan, penanaman 100 pohon bakau dan pelepasliaran 20 burung.

Baca Juga :  Pertamina EP Bunyu Field Kembali Bor Dua Sumur Pengembangan

“Rawa Gerobokan Pantai Labuhan Amuk ini dipilih karena potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Selain itu juga, kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina dalam menjaga lingkungannya agar tetap asri,”¬†terang I.G. Agus Sentanu Putra, Integrated Terminal Manager Pertamina Manggis.

Program Dewata Asri merupakan salah satu program CSR yang berfokus pada pengembangan desa wisata di Desa Antiga. Pertamina yang menggandeng kelompok masyarakat. Pemerintah Desa Antiga dan Yayasan Konservasi Indonesia telah sepakat untuk bekerjasama mentransformasikan potensi yang ada di Desa Antiga mulai potensi bahari, seni budaya sampai ke panorama bukitnya yang indah menjadi paket wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan di Bali.

Baca Juga :  Buahkan Transaksi Rp 1,74 Miliar, Business Matching UMKM dan Industri Perhotelan di NTB Sukses

I Putu Agus Sumanhendra, Sekretaris Kecamatan Manggis mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini akan meningkatkan hubungan baik antara stakeholder di Kecamatan Manggis. Selain itu pelestarian lingkungan rawa ini bukan hanya berdampak untuk lingkungan, tetapi juga akan berdampak juga untuk sosial-ekonomi masyarakat setempat jika dikembangkan secara berkelanjutan.

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan, Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.rls