Permudah Akses Pelayanan, BP2MI Lampung Sediakan Mobile Service

 Permudah Akses Pelayanan, BP2MI Lampung Sediakan Mobile Service

UPT BP2MI Lampung melakukan jemput bola ke kantong – kantong Pekerja Migran Indonesia atau PMI melalui mobile service. Upaya ini dilakukan guna mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan sekaligus memperluas jangkauan pelayanan hingga ke pelosok – pelosok desa.

Kepala UPT BP2MI Lampung Ahmad Salabi Kamis kemarin mengatakan, selain jemput bola, BP2MI Lampung juga terus melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja pelayanan yang sudah diberikan.

Baca Juga :  Hadirkan Produk Baru, realme 8 dan 8 Pro dengan Kamera 108 MP

Mobile service merupakan Inovasi UPT BP2MI Lampung yang memberikan pelayanan jobs info, yakni informasi peluang kerja luar negeri, pelayanan penempatan, pelayanan pengaduan dan pemasaran produk PMI purna. Mobile service juga didukung dengan pelayanan jaminan sosial PMI yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

“Kini inovasi mobile service telah direplikasi oleh UPT BP2MI lain dan selanjutnya akan direplikasi oleh semua UPT sesuai Surat Edaran Kepala BP2MI No.14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik “Mobile Service” Pelayanan Penempatan dan Pelindungan PMI di UPT BP2MI Bandar Lampung pada seluruh satuan kerja di BP2MI,” tandasnya.

Rencana terkait pelindungan PMI di antaranya dengan melibatkan secara aktif Komunitas Relawan PMI di kantong-kantong PMI, memperkuat Satgas Pelindungan PMI yang terdiri atas instansi-instansi terkait, terlibat aktif pada Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang yang langsung dipimpin oleh Gubernur Lampung.

Baca Juga :  Kedux Garage, Asal Bali Menangkan Penghargaan dari MoonEyes

“Kemudian di dalam pelaksanaan pelayanan, inovasi-inovasi yang dilahirkan sebagai tindak lanjut dari survei kepuasan masyarakat yang rutin dilaksanakan menjadi jawaban bahwa kehadiran kami di sudut-sudut desa yang menjadi daerah kantong pekerja migran Indonesia,” rinci Ahmad Salabi.

Hadirnya layanan bergerak “mobile service” dengan menghadirkan jenis-jenis layanan informasi peluang kerja luar negeri, pelayanan penempatan calon PMI, layanan pengaduan kasus atau permasalahan PMI, pemasaran produk-produk PMI purna hasil pembinaan program pemberdayaan UPT BP2MI menjadi suatu terobosan progresif di mana hadirnya inovasi ini menjadikan pelayanan menjadi lebih dekat, mudah, efektif dan efisien.

Ditegaskan Ahmad Salabi inovasi tersebut dijadikan percontohan yang ditetapkan oleh Kepala BP2MI Benny Rhamdani untuk dapat direplikasi di setiap UPT BP2MI yang ada di daerah. Termasuk 6 area yang menjadi fokus UPT BP2MI Bandar Lampung yang meliputi area manajemen perubahan, area penataan tata laksana, area manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ke depan, Ahmad Salabi menegaskan UPT BP2MI Bandar Lampung bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi/kabupaten/kota menggodok kerja sama atau MoU untuk peningkatan kompetensi melalui pelatihan bagi calon PMI asal lampung. Hal ini bertujuan agar PMI asal Lampung yang berangkat bekerja ke luar negeri menjadi PMI yang kompeten dan mampu bersaing di dalam mengisi peluang kerja di luar negeri.

“Saat ini salah satu program yang sedang dijalankan adalah program penempatan G to G perawat ke negara Jerman. Kami berharap dengan adanya peluang kerja di luar negeri menjadi pilihan dan solusi di tengah sulitnya lapangan kerja yang ada di daerah,” tutupnya.tta