17/10/2024

Mau Glowing, Tapi Malah Bikin Gosong, Kenali Skincare Berikut Ini

 Mau Glowing, Tapi Malah Bikin Gosong, Kenali Skincare Berikut Ini

Berniat untuk menjadi glowing, wajah wanita Kalimantan Timur ini malah gosong. Wajah Tya gosong lantaran efek  skincare yang digunakan mengandung merkuri dan wanita tersebut didiagnosis mengalami okronosis oksigen. Maka dari itu, kamu harus berhati – hati memilih skin care, dengan menyimak tips berikut ini:

Hidrokuinon dan merkuri merupakan bahan yang sering ditambahkan dalam krim kecantikan dengan tujuan untuk memutihkan kulit. Merkuri adalah bahan yang ilegal dan berbahaya karena sangat berisiko untuk kesehatan. Sedangkan hidrokuinon dilarang digunakan dalam kosmetik oleh BPOM, perlu pengawasan dokter, dan tidak dijual dengan bebas.

Penggunaan merkuri menyebabkan kerusakan kulit, mata, saluran pencernaan dan toksisitas ginjal. Apabila digunakan dalam jangka panjang, merkuri dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga :  Libur Lebaran, RSUP Sanglah Tidak Tutup

Sementara hidrokuinon untuk wajah bisa menimbulkan bahaya jika digunakan secara sembarangan dan tidak dalam pengawasan dokter, dapat mengiritasi kulit hingga menyebabkan gatal dan kemerahan.

Berdasarkan sebuah studi Bhattar et al. (2015), okronosis oksigen adalah penyakit kulit yang ditandai dengan pigmen wajah yang menjadi biru – hitam, bisa sembuh namun membutuhkan waktu yang lama. Penyakit kulit ini disebabkan oleh penggunaan hidrokuinon yang terlalu lama, namun bisa juga disebabkan oleh paparan zat kimia lain seperti fenol, asam pikrat, dan merkuri.

Baca Juga :  Dua Bocah Tewas di Kolam Renang Vila 

Berikut tips menghindari kosmetik berbahaya dilansir dari BPOM:

  1. Hindari membeli kosmetik atau produk perawatan tubuh hanya karena tergiur iklan atau testimoni. Pahami isi kandungan produk, dan pilih dengan rasional dan selektif sesuai dengan fungsi, tujuan dan manfaatnya.
  2. Pastikan memilih produk resmi yang peredarannya mengantongi ijin BPOM, di situs ini https://cekbpom.pom.go.id/
  3. Hindari penggunaan bahan mengandung hidrokuinon, asam retinoat, pewarna sintetis rhodamin B, dan merkuri.
  4. Uji coba dulu produk selama 24 jam di kulit sebelum rutin digunakan.
  5. Cermat baca informasi dan petunjuk penggunaan produk.

Dalam unggahan instagram yang ditulis pandemictalks pun banyak yang memberi komentar. Ada 120 komentar yang termuat per Senin (17/7/2023). Diantaranya dari @dermpreneur yang menyebutkan: Sesungguhnya kl sudah terdiagnosis okronosis itu sudah sangat sulit disembuhkan. Tidak akan 100% bisa hilang. Hampir seluruh kasus okronosis akan diedukasi menggunakan kosmetik kamuflase (foundation) untuk menyamarkan flek-nya. Oleh karena itu selalu bijak dalam menggunakan skincare sehari – hari. Pastikan yang ber-BPOM dan bila menggunakan krim ber-etiket biru pastikan sudah konsultasi langsung ke dokter-nya. Karena banyak krim abal – abal di luar sana yang memang tidak didaftarkan ke BPOM. Semoga bermanfaat.