27/07/2024

Kedux Garage, Asal Bali Menangkan Penghargaan dari MoonEyes

 Kedux Garage, Asal Bali Menangkan Penghargaan dari MoonEyes

Seniman asal Bali Kedux Garage berhasil memenangkan pengharhaan 30th Hot Rod Custom Show 2021 dari MoonEyes, penyelenggara pameran builder motor custom di Yokahama, Jepang belum lama ini. Penghargaan diserahkan pada 8 Februari lali bertempat di Dharma Negara Alaya Art & Creative Hub Denpasar.

Kedux Garage Bali menang atas prestasinya menjuarai kontes modifikasi motor bermesin Yamaha menggunakan ornamen khas seni Bali sebagai parts dan asesorisnya. Perhargaan diserahkan oleh KBRI Tokyo diwakili Atase Keuangan, Sonny Surachman Ramli, disaksikan oleh Ketua Pelaksana Harian Bkraf Kota Denpasar I Putu Lengkong Yuliarta dan Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Denpasar I Wayan Hendaryana.

Baca Juga :  Telkom Raih Penghargaan BUMN CSR Award 2022 Kategori Gold

I Putu Lengkong Yuliarta dan I Wayan Hendaryana menyatakan bahwa fokus pengembangan pariwisata Bali tidak hanya menampilkan keindahan alam dan adat istiadat, juga menggali potensi penciptaan ekonomi kreatif yang lahir dari nilai nilai budaya Bali. Selain sebagai seniman motor custom, Kedux juga dikenal sebagai seninan fenomenal pembuat ogoh – ogoh.

Ritual Ogoh – ogoh mempunyai kesamaan dengan ritual Aomori Nebuta Matsuri di Jepang yaitu ritual penghalau nasib buruk dengan cara penyerahan dan pembersihan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga :  Tiga Kali Rusak, Patung I Gusti Ngurah Rai Diperbaiki

Pada saat ini, industri Startup mulai tumbuh di Bali, kreatifitas seniman Bali dalam penciptaan NFT atau karya seni digital dalam format elektronik maupun hybrid dengan menggabungkan seni ornamen Bali dan seni anime/manga Jepang tentunya akan dapat menghasilkan sebuah karyaseni kreatif.

Menanggapi  kesamaan nilai budaya dan minat kreatifitas seni yang dimiliki oleh Bali dan Jepang tersebut, Duta Besar Heri Akhmadi berharap hubungan ini dapat mempererat jalinan kerjasama ekonomi kreatif kedua negara yang dapat menghasilkan karya seni bernilai tinggi.

Terhadap keinginan Bali untuk berkolaborasi dengan seniman Jepang tersebut, KBRI Tokyo selaku perwakilan pemerintah RI di Jepang sangat menyambut baik dan siap memfasilitasi keinginan tersebut. Ia berharap pengharaag yang diperoleh Kedux ini dapat menggairahkan para seniman Bali menciptakan ekonomi kreatif.