Empat Pemuda Wakili Indonesia dalam G7 Youth Summit (Y7 Summit) 2022 di Berlin

 Empat Pemuda Wakili Indonesia dalam G7 Youth Summit (Y7 Summit) 2022 di Berlin

Anak Agung Mia Intentilia, S.IP., MA terpilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebagai salah satu dari empat pemuda yang mewakili Indonesia dalam G7 Youth Summit (Y7) 2022 yang telah diselenggarakan pada 16 sampai 20 Mei 2022 di Berlin, Jerman.

Agung Mia adalah seorang dosen muda yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Kajian ASEAN dan Internasional (Head of ASEAN and International Studies Centre) yang berada di bawah Pusat Studi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas).

Baca Juga :  KNPI Denpasar Gelar Musda

Ia merasa sangat bersyukur bisa mewakili suara pemuda Indonesia pada pertemuan tingkat internasional ini. Agung Mia bertugas sebagai ketua delegasi Indonesia dan fokus pad pembahasan track Resilience of Democracies.

Tiga delegasi pemuda Indonesia lainnya pada perhelatan Y7 Summit 2022 adalah Amira Bilqis (track Sustainable and Green Planet), Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi (track Economic Transformation for Shared Progress), dan Raihan Ariatama (track Global Health & Solidarity).

Keempat delegasi Indonesia telah mengikuti working meeting di track masing-masing secara virtual bersama delegasi negara-negara lainnya sebelum bernegosiasi secara langsung di Berlin, Jerman.

Y7 Summit 2022 adalah salah satu official engagement group yang menyuarakan atensi pemuda sebagai rangkaian acara menuju Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Schloss Elmau, Jerman pada Juni mendatang.

Delegasi pemuda yang mengikuti Y7 Summit 2022 terdiri atas delegasi negara-negara G7, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Inggris, Italia, Kanada, Perancis, ditambah dengan Uni Eropa, serta perwakilan dari empat negara-negara mitra (partner countries), yaitu Indonesia, Senegal, Afrika Selatan, dan Ukraina.

Baca Juga :  Hadir di Timur Jawa, IKEA Indonesia Resmi Bangun Toko Baru di Ciputra World Surabaya

Selain memperingati 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman, Indonesia memilii peranan penting dalam pelaksanaan Y7 Summit 2022 berupa peran strategisnya dalam memegang Presidensi G20 tahun 2022.