20/07/2024

Electricidade de Timor Leste Tertarik Kerjasama Dengan PLN UID Bali

 Electricidade de Timor Leste Tertarik Kerjasama Dengan PLN UID Bali

PT PLN (Persero) menerima kunjungan pembelajaran yang dilaksanakan oleh perusahaan listrik asal Timor Leste, Electricidade de Timor Leste, Empresa Publica (EDTL, E.P.), di Kantor PLN UID Bali, Selasa (28/3/2023) yang disambut langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) UID Bali, I Wayan Udayana.

Senior Manager Perencanaan PT PLN (Persero) UID Bali Putu Putrawan yang turut menyambut kedatangan tim dari EDTL,E.P, memaparkan profil ketenagalistrikan sub sistem Bali secara keseluruhan dari hulu yakni pembangkitan dan transmisi hingga hilir yakni di sisi jaringan serta di sisi pelanggan.

Baca Juga :  Jika Mau Usahamu Sukses, Keuangan Bisnis dan Pribadi Tak Boleh Dicampur

“Kondisi sistem kelistrikan sub sistem Bali, saat ini dalam kondisi andal, yakni beban puncak tertinggi mencapai 951,1 MW, dan daya mampu pembangkit sebesar 1.430 MW, di mana telah memenuhi reserve margin sebesar 31 persen,” terang Putu.

Vice President EDTL, E.P., Homberto Pereira mengapresiasi PLN yang telah menerima kunjungan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan seluruh timnya khususnya dalam aspek keteknisan.

Baca Juga :  Menelisik Sepak Terjang Acer Indonesia Selama 25 Tahun

“PLN Bali memiliki kinerja yang sangat baik, sehingga kami ingin belajar langsung, serta jika diperkenankan dapat mengunjungi lokasi – lokasi lain seperti pembangkitan dan transmisi untuk menambah pengalaman,” ucap Homberto.

Dirinya yang turut didampingi oleh Technical Advisor, Binsar Simangunsong menyampaikan keinginannya untuk menjajaki kerja sama di bidang peningkatan kapasitas SDM.

“Mimpi kami adalah agar masyarakat lokal di sana mampu mengoperasikan aset – aset kami, karena selama ini dengan memberikan pengelolaan kepada tenaga kerja asing, tidak ada transfer pengetahuan kepada tenaga kerja setempat,” ucap Binsar.

Demi memperkaya pengalaman tim EDTL, E.P., dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh PT Indonesia Power, PT Nusantara Power, PT Icon Plus, PLN P2B, serta bidang – bidang terkait lainnya.