27/07/2024

DWP Unud Tanam Pohon Upakara di Pura Ulun Danu Bulian

 DWP Unud Tanam Pohon Upakara di Pura Ulun Danu Bulian

DWP Unud berfoto bersama jero mangku Pura Ulun Danu Bulian (tta)

DWP Unud—

Menanam Pohon dan Mareresik di Pura Ulun Danu Bulian

 

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Udayana (Unud) melaksanakan penanaman pohon dan mareresik di Pura Ulun Danu Bulian, Desa Pancasari, Buleleng pada Sabtu (14/11). Diawali dengan penanaman pohon, kemudian bersih – bersih (mareresik) di area pura. Dilanjutkan dengan persembahyangan bersama, lalu penyerahan tempat sampah kepada pemangku Pura Ulun Danu Bulian.

Ketua DWP Unud Ny. Dayu Bulan Antara menanam pohon di pintu masuk Pura Ulun Danu Bulian (tta)

Ketua DWP Unud Ny. Dayu Bulan Antara mengatakan, penanaman pohon merupakan program tahunan yang biasanya dilakukan pada Mei setiap tahunnnya. Namun karena suasana pandemi, maka tahun ini baru bisa terlaksana pada November ini.

Penanaman pohon menurutnya program nasional yang secara tidak langsung DWP Unud juga ikut berperan mendukung program pemerintah yaitu menciptakan lingkungan hijau dan upaya – upaya untuk pelestarian lingkungan.

DWP Unud berfoto bersama jero mangku Pura Ulun Danu Bulian (tta)

Pada hari itu DWP Unud membawa bibit tanaman yang khusus berfungsi sebagai bahan upakara atau banten. Harapannya bibit tanaman tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar pura untuk kegiatan upacara, sebagai bahan upakara atau banten di Pura Ulun Danau Bulian.

Pohon yang dibawa yaitu bibit cempaka Bali atau kantil, cempaka ungu, teratai biru, dewandaru, bibit kelapa sudamala, majegau yang sudah banyak manfaatnya untuk kepentingan upacara, bibit cendana dan kayu putih.

Setelah penanaman pohon dilanjutkan dengan acara ngaturin ayah mareresik di sekitar areal pura sampai ke jeroan. Kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Setelah acara persembahyangan bersama selesai, dilanjutkan dengan ngaturin dana punia berupa tempat sampah dengan harapan pamedek yang tangkil dapat membuang sampah pada tempatnya dan tidak sembarangan membuang sampah.

Ketua DWP Unud Ny. Dayu Bulan Antara (tta)

Pada hari itu juga setelah acara pengabdian dan ngaturin ayah mareresik, DWP Unud juga menggelar pertemuan rutin bulanan yaitu di sebelah timur Pura Bulian yaitu di Bali Handara Golf and Resort.

Acara seperti ini diharapkan bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Ia berharap tahun depan bisa menyasar pura – pura yang ada di sekitar area  kampus Unud seperti Pura Mahawidya Saraswati, Pura Dalem Blembong dan juga Pura Padmasana di sekitar kampus Sudirman.tta