24/04/2024

DPR RI Apresiasi Kesiapan PLN Sambut Lebaran, Berikut Persiapannya

 DPR RI Apresiasi Kesiapan PLN Sambut Lebaran, Berikut Persiapannya

Komisi VI DPR RI mengapresiasi langkah preventif PT PLN (Persero) dalam memastikan pasokan listrik yang andal dan aman selama momen mudik lebaran Idul Fitri 1.444 H tahun ini.

Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengapresiasi langkah PLN dalam memitigasi kebutuhan listrik. Kata dia, langkah PLN dalam mempersiapkan pasokan listrik berlapis menjadi kunci kesuksesan keandalan listrik pada momen lebaran tahun ini.

Baca Juga :  Tanggulangi Krisis Energi, PLN Sosialisasikan Permen ESDM Nomor 12/2022

“Langkah PLN dalam memitigasi risiko ini paling penting dan sudah baik. Kami berharap tahun ini PLN bisa _zero accident_ lagi,” ujar Deddy.

Anggota Komisi VI DPR RI, Muslim juga mengapresiasi hal yang sama. Ia mengatakan pemeliharaan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh PLN sebelum periode lebaran merupakan langkah strategis.

“Pelayanan hari ini juga sangat baik dan kami sangat bersyukur, keluhan masyarakat ini sangat cepat ditanggapi oleh PLN. PLN sangat cukup siap dalam memberikan pasokan listrik selama lebaran ini,” ujar Muslim.

Pada kesempatan lain, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memastikan PLN akan menjaga pasokan listrik yang andal selama periode Lebaran tahun ini. PLN telah menyiapkan lebih dari 2.000 posko siaga kelistrikan yang siap melayani kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Langkah Rohto Pada Pengembangan Riset dan Fasilitas Stem Cell di Indonesia

“Kami juga menerjunkan 80 ribu lebih personil siaga yang juga siap melayani masyarakat. Saat ini seluruh pasokan listrik dalam posisi aman, seluruh kekuatan kami kerahkan untuk menjamin seluruh masyarakat bisa menyambut Idul Fitri dan kumpul keluarga pada momen tahun ini berjalan khidmat, aman dan nyaman,” tegas Darmawan.

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto menjelaskan dalam memastikan pasokan listrik yang aman pada libur lebaran tahun ini. Ia mengatakan, salah satunya adalah memastikan Hari Operasi Pembangkit (HOP) batu bara di atas 20 hari.

“Pasokan sistem kelistrikan nasional dalam kondisi aman. Kami juga melakukan pengamanan terhadap energi primer seperti batu bara, gas dan BBM dengan HOP yang mencukupi,” ujar Adi Priyanto dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4/2023).

Adi juga menjelaskan PLN sudah melakukan banyak perbaikan dan peningkatan keandalan infrastruktur kelistrikan baik dari sisi instalasi pembangkit, transmisi dan juga distribusi. Pemeliharaan preventif telah dilakukan PLN sehingga Adi memastikan momen lebaran tahun ini tak akan ada pemeliharaan bergilir.

“Selanjutnya setiap unit operasional juga telah menyiapkan posko-posko siaga dilengkapi petugas dan perlengkapan. PLN siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Adi.

Adi juga mengatakan PLN juga siap mendukung para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Seluruh infrastruktur _charging station_ telah disiapkan oleh PLN dengan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 616 unit tersebar di 237 titik lokasi. PLN juga mengerahkan petugas di setiap titik _charging station_ untuk bisa membantu masyarakat dalam mengisi daya kendaraannya.