08/09/2024

Berkomitmen Terhadap Pemberdayaan Masyarakat, FEB Unwar Gelar Kegiatan Sosial di Desa Kintamani

 Berkomitmen Terhadap Pemberdayaan Masyarakat, FEB Unwar Gelar Kegiatan Sosial di Desa Kintamani

Kunjugan sosial FEB Unwar dan penyerahan bantuan kepada salah satu keluarga di Desa Batur Utara, Kintamani, Bangli, Sabtu (27/1/2024)

Bangli- Berkomitmen terhadap pemberdayaan masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar kegiatan sosial.

Adapun kegiatan sosial tersebut dilakukan dengan mengunjungi sejumlah masyarakat yang ada di Desa Kintamani, Bangli, Sabtu (27/1/2024).

Kunjungan sosial ini diselenggarakan oleh Dewa Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar, serta didampingi sejumlah dosen.

Baca Juga :  Srikandi PLN Beri Bantuan Usaha untuk Perempuan Disabilitas di Karangasem

Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan FEB Unwar, I Ketut Selamet, S.E.,M.Si. menjelaskan selain berkomitmen untuk pemberdayaan masyarakat, kunjungan sosial tersebut digelar dalam rangka mengisi aktivitas mahasiswa, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar.

Dikatakan kunjungan sosial tersebut menyasar masyarakat yang dikategorikan kurang seimbang dalam kehidupan, baik itu secara fisik maupun materi.

“Kunjungan sosial ini sudah yang kesekian kalinya dilakukan, beberapa tahun lalu ada di Gianyar, bergerak ke Karangasem, lalu ada di Badung sekarang ke daerah utara, Kintamani,” jelasnya di sela-sela kunjungan sosial tersebut.

Baca Juga :  Perayaan HUT ke-36 Iwanwar, Rektor Unwar Akui Iwanwar Memiliki Peran Penting Dalam Keberhasilan Lembaga

Dalam kegiatan sosial tersebut, pihaknya melakukan kunjungan dengan cara jemput bola ke salah satu rumah warga yang masuk dalam kategori itu, selanjutnya dilakukan dengan pola snowball sampling.

Dijelaskan dalam kunjungannya tersebut, pihaknya memberikan semangat kepada masyarakat yang mengalami kekurangan fisik maupun material itu untuk tetap bangkit dalam menghadapi hidup. Tidak hanya itu, dalam kegiatan itu juga menyerahkan bantuan dalam bentuk material.

“Nah di sana (Kintamani) ada beberapa masyarakat yang tidak normal di sisi fisik, kita melakukan kunjungan dengan cara membangkitkan semangat dalam menghadapi hidup, kedua memberikan sumbangsih dalam bentuk material, sedikit walaupun tidak banyak namun memiliki makna secara kemanusiaan,” jelasnya.

Baca Juga :  Unwar Lepas 256 Orang Lulusan, Wisudawan Terima Ijazah Berbasis Digital dan Bilingual

Tidak berhenti sampai di sana, pihaknya juga akan menggelar malam akrabisasi dengan mengundang pemuda setempat, tokoh masyarakat dan warga yang telah dikunjungi pada kegiatan sosial tersebut.

“Malam akrabisasi itu ada interaksi dengan pemuda dengan tokoh masyarakat dan ada juga interaksi dengan warga yang telah kita kunjungi untuk penyemangat sehingga ada unsur pemberdayaan dari pola pikir dan tidak hanya memberikan material yg hanya sifatnya sementara tetapi menumbuhkembangkan daya pikir mereka sehingga tidak ditinggal oleh masyarakat yang lain,” lanjutnya.

Adapun hal yang diharapkan dengan digelarnya kegiatan sosial tersebut yakni untuk mengajarkan mahasiswa dalam melakukan interaksi dan memahami rasa kemanusiaan. Selain itu juga bisa menjadi ajang promosi untuk Universitas Warmadewa.

Baca Juga :  Bila Peran “Biro Perjalanan Wisata Sebagai Penghasil Devisa Negara Terlupakan” (1)

“Kami berharap mahasiswa dapat belajar di masyarakat untuk belajar interaksi , belajar memahami rasa kemanusiaan. selanjutnya sebagai ajang promosi Warmadewa peduli dengan masyarakat dan sebagai komitmen kamus bahwa kita tidak hanya meningkatkan pola pikir dan pendidikan tetapi juga pola hati dan kedekatan sosial di masyarakat sehingga kita ada interaksi dengan masyarakat walau kita tidak mampu memberikan banyak secara material tetapi inilah kedekatan kita dengan masyarakat,”lajutnya.

PJ Kepala Desa Kintamani, Andi Sanjaya pada kesempatan ini mengaku sangat gembira mendapat kunjungan sosial dari FEB Unwar. Pihaknya berharap program ini dilanjutkan dalam bentuk kegiatan lain seperti pengabdian pengembangan potensi desa oleh para dosen dan mahasiswa serta membuat program yang berkelanjutan. ***