24/04/2024

Wisuda ke-72, Universitas Warmadewa Lepas 1.354 Lulusan, Satu Mahasiswa Raih Gelar Double

 Wisuda ke-72, Universitas Warmadewa Lepas 1.354 Lulusan, Satu Mahasiswa Raih Gelar Double

Denpasar- Universitas  Warmadewa (Unwar)  melepas sebanyak 1.354  lulusan  pada Upacara Wisuda ke-72 yang digelar pada, Sabtu (27/5/2023).

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir.  I Gde Suranaya Pandit, MP  mengatakan, bahwa  lulusan   saat ini didominasi  oleh Fakultas  Ekonomi dan  Bisnis.

Adapun  jumlah   lulusan  dari  Fakultas  Ekonomi dan Bisnis sebanyak 690 orang.  Selanjutnya, lulusan dari Fakultas Hukum  305 orang,  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik    108 orang, Fakultas Kedokteran dan  Ilmu Kesehatan  4 orang,  Fakultas  Pertanian 26 orang,  Fakultas Sastra  82 orang  serta   Fakultas Teknik dan Perencanaan  47 orang.  Sementara  untuk   pascasarjana, Unwar melepas sebanyak 92 orang wisudawan/wisudawati.

Baca Juga :  Lima Hal Bikin Dompet Tetap Tebal di Tanggal Tua

Lebih  lanjut dikatakan, bahwa dari program sarjana  tercatat ada 996 orang atau 78,98 persen yang lulus  tepat waktu, 1.195 orang (94,69 persen)  meriah IPK di atas 3,25.

Meski baru dilepas, namun  18,53 persen dari lulusan tersebut tercatat sudah memiliki pekerjaan. “Dari keseluruhan alumni yang dilepas, 251  orang atau 18,53 persen sudah bekerja,”  katanya.

Hingga saat ini, Unwar  memiliki total alumni  sebanyak  40.363  orang, sementara mahasiswa/ mahasiswi aktif  12.713 orang yang terdiri dari  106  WNA (Warga Negara  Asing).

Dikatakan, untuk  pelepasan saat ini,  terdapat satu mahasiswa  yang mendapat gelar double karena mampu lulus secara bersamaan di dua program  studi berbeda.  Ia adalah Nyoman Arya Kusuma Wardana, S.Ak.,S.H  dari   Program Studi  Hukum dan Akuntansi.

Sementara itu, lulusan terbaik Program Sarjana (S1) diraih oleh Ni Luh Sephia Adnyani Putri, S.AP dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara dengan  IPK 4,00 (Cumlaude). Sedangkan lulusan terbaik Program Magister (S2) diraih oleh Kadek Bramdhika Ada, S.M.,Cpod., M.M dari Program  Studi Magister Manajemen dengan  IPK 4,00 (Cumlaude).

Prof.  Pandit pun dalam hal ini berharap  lulusannya  kali ini bisa segera mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki. Tidak hanya itu, ia juga memiliki harapan besar agar lulusan Unwar bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Selamat kepada wisudawan/wisudawati. Kami berharap, wisudawan/wisudawati mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki saat ini termasuk membuka lapangan kerja diberbagai sektor,” harapnya.

Sementara  itu,  Ketua  Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali, Dr.Drs. Anak Agung  Gede Oka  Wisnumurti, M.Si   mngatakan  bahwa pihaknya akan  selalu berkomitmen  untuk terus mengembangkan  lembaga  Universitas Warmadewa  sebagai perguruan tinggi  yang unggul dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan visi ‘bermutu, berwawasan ekowisata  dan  berdaya saing global pada tahun 2024’.

Dengan berlandaskan Sapta  Bayu sebagai spirit  Sri Ksari Warmadewa,  Yayasan selalu proaktif dalam  pengelolaan sumber  daya secara sistematis dan  terencana.

Kepada  lulusan saat ini,  Anak  Agung  Gede  Oka  Wisnumurti  berpesan agar  anak didiknya  menjadi sarjana  yang berkarakter sapta  bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif dan profesional.

Baca Juga :  Di Forum ASEAN-Indo-Pacific, Dirut PLN Suarakan Kolaborasi Global Wujudkan Transisi Energi

Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan  potensi dan  memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita.

“Kita yakin dan percaya  dengan kekuatan  Sapta  Bayu  sebagai spirit  Sri Ksari  Warmadewa didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya  kita mampu mampu menjadikan Warmadewa  sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat,”  katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T, berharap para lulusan agar para lulusan Unwar  tidak berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu sangat cepat dan pesat. Namun, harus terus meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya sehingga mampu menjadi generasi muda penerus pembangunan dan pemegang estafet kepemimpinan untuk dapat menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan unggul.  (des)