27/07/2024

Bank Indonesia KPw Bali Tutup

 Bank Indonesia KPw Bali Tutup

Trisno Nugroho/BDN-tta

Denpasar – Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Bali yang merupakan bank sentral RI tutup selama tiga hari, dari Rabu sampai Jumat, tanggal 12 – 14 Mei 2021, karena hari Raya Idul Fitri.

 

Kepala BI KPw Bali Trisno Nugroho, Selasa (11/5/2021) mengatakan, kegiatan operasional yang tutup yaitu Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), kegiatan pertukaran warkat debet dan Layanan Kas.

Baca Juga :  Ramai - ramai Lapor SPT Pajak, dari Konten Kreator Hingga Menteri

Kegiatan operasional sistem BI-RTGS, kegiatan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan layanan kas akan beroperasi normal kembali pada Senin (17/5/2021).

 

Sementata, di masa pandemi Covid 19, BI terus mendorong transaksi non tunai seperti QRIS. Penggunaan QRIS di Bali pun terus meningkat, terlihat dari total merchant di Bali yang menyediakan QRIS sebanyak 213.842 merchant per 30 April 2021, meningkat hingga 738% dibandingkan awal tahun 2020 yang tercatat sebanyak 25.493 merchant.

 

Baca Juga :  Percepat Pembayaran Pajak, Langkah Pelindo Dukung Pembangunan Daerah Lombok

Selama perayaan Hari Raya baik Galungan, Kuningan, bulan puasa dan Idul Fitri sejak April, BI selalu memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat yang terus meningkat dengan nominal sebesar Rp 1.365 miliar atau meningkat hingga 31% dibandingkan kebutuhan Maret 2021 yang tercatat sebesar Rp 936 miliar.

 

Sedangkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang tunai di Masyarakat menjelang Idul Fitri, Bank Indonesia telah memenuhi kebutuhan selama periode Ramadhan 2021 yaitu dari periode 12 April sampai dengan 11 Mei 2021 sebesar Rp 1.434 miliar atau meningkat sebesar 4% dibandingkan periode Ramadhan 2020 yang tercatat sebesar Rp 1.377 miliar.

 

BI juga bekerjasama dengan perbankan di Bali untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat pada masa libur Idul Fitri. Kerjasama yang dilakukan dengan meminta perbankan menyediakan ATM sebagai sarana untuk melakukan penarikan uang tunai dan media transaksi non tunai.

 

Selain itu bekerjasama dengan seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyediakan sarana pembayaran berbasis digital termasuk QRIS di seluruh wilayah Bali sehingga masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi pembayaran secara digital di manapun dan kapanpun.

 

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 2021, masyarakat juga dapat saling berbagi kemenangan menggunakan uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75). UPK 75 merupakan alat pembayaran yang sah sebagaimana pecahan lainnya, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk bertransaksi atau berbelanja dengan menggunakan UPK 75.

 

Bank Indonesia juga menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam bertransaksi baik secara tunai maupun non tunai dengan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti username dan password, pin serta kode OTP (one time password).tta