26/07/2024

Bangkitkan Ekonomi Bali, Pelaku UMKM Didorong Percepatan Digitalisasi

 Bangkitkan Ekonomi Bali, Pelaku UMKM Didorong Percepatan Digitalisasi

Caraka production menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertempat di Fave Hotel, Legian, Kuta, Bali, pada Selasa (26/7/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh para peserta dari UMKM seluruh Bali dengan mendatangkan secara langsung narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, Asosiasi UMKM Bali, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Bali dalam pelaksanaannya.

Baca Juga :  Tandatangani Nota Kesepahaman dengan ITDC, PLN Segera Bangun SPKLU _Ultra Fast Charging_ di Parkir Sentral Nusa Dua

Dukungan terhadap UMKM di Bali saat ini sangat perlu dilakukan. Terutama dalam membantu para pelaku UMKM tersebut untuk dapat bangkit bahkan lebih berkembang lagi pasca pandemi COVID-19 melalui pemanfaatan teknologi digital, yang mendorong pemulihan PEN.

Faktanya, sektor UMKM dinilai masih mampu menjadi penggerak ekonomi nasional dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,7 persen di tengah gempuran COVID-19 yang banyak membuat sektor-sektor industri lain turun sebelumnya.

Baca Juga :  Danamon, Adira Finance, dan MUFG Hadirkan Berbagai Promo Menarik untuk Manjakan Penggemar Otomotif dan Musik di IIMS Surabaya 2024

Atas dasar tersebut, Caraka Production melaksanakan FGD di Bali, dengan mengusung tema “Mendorong pelaku usaha UMKM dalam percepatan digitalisasi UMKM untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN)”. Diharapkan upaya ini akan menjadi metode baru dalam upaya percepatan digitalisasi UMKM Bali di era industri 4.0.

Ketua Asosiasi UMKM Bali, Taufan Ari Putra menjelaskan, pihaknya memyambut baik kegiatan FGD yang digelar, selaku narasumber di acara tersebut dirinya juga berupaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kejelian para pelaku usaha dalam melihat serta mengoptimalkan peluang untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku UMKM melalui FGD ini. Sehingga percepatan Digitalisasi UMKM Bali di era industri 4.0 ini bisa segera terwujud secara menyuluruh.MP