17/10/2024

Adopsi Konsep Ayur Weda, Relaksasi Tubuh dan Pikiran di Teja Spa Bisma

 Adopsi Konsep Ayur Weda, Relaksasi Tubuh dan Pikiran di Teja Spa Bisma

Tidak lengkap jika ke Bali belum merasakan relaksasi spa. Selain kuliner, spa kini menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bali pascapandemi. Banyak spa yang menawarkan treatmen, aromaterapi, minyak serta pemandangan yang bikin pikiran tambah rilek. Salah satunya yang unik ada di jantung Ubud yaitu Teja Spa Bisma, yang berlokasi di Adiwana Bisma Resort,  Jalan Bisma, Ubud.

Layanan spa di Teja Spa Bisma mengadopsi konsep ayur weda baik dari sisi teknik pijat, minyak dan bahan treatment, hingga konsultasi elemen tubuh konsumen dengan bahan yang cocok digunakan. Asisten Spa Manager Teja Spa Bisma, Ni Luh Oka Paramita, Kamis (11/4/2024) mengatakan, ia menggunakan kombinasi pijat jempol terapis dengan poultice sebagai alat pijat. Poultice adalah signatrure yang dibuat in house menggunakan bahan bahan herbal alami seperti jahe, cengkeh, serai yang dicampur kemudian dibungkus dengan kain membentuk tapal (bulat).

Baca Juga :  Rayakan Hari Pariwisata Dunia 2023— tiket.com Ajak Masyarakat Telusuri Destinasi Cantik di Dunia dengan Lebih Ekonomis

Teknik pijat pun menggunakan teknik Ayurweda yaitu tekanan dari poultice yang berisi herbal dikombinasi dengan tekanan dari ibu jari si terapis. Sebelumnya poultice direbus dalam air hangat agar rempah rempah yang ada di dalamnya mengeluarkan aroma.

“Setelah itu kita melakukan pijat seluruh tubuh menggunakan minyak dengan teknik relaxing massage, yaitu kombinasi antara tekanan poultice dan tekanan ibu jari, kita fokuskan pada area yang dibutuhkan oleh tamu. Setelah itu kita melakukan aplikasi poultice itu itu sendiri dengan cara ditekan dan difokuskan pada area otot seperti punggung atas,” jelasnya.

Baca Juga :  WNA Mantan Penista Agama dan Pembuat Onar Diusir Dari Bali 

Untuk seluruh tubuh, dipijat dengan menggunakan minyak dari konsep Ayur Weda yaitu terdiri dari 3, vata, kapha, pitta. Ketiga minyak itu mengandung bahan jeruk nipis, jahe, chamomile. Ketiga unsur itu memiliki bahan yang berbeda , diikuti dengan kombinasi poultice massage.

Sebelum di-treatment, tamu melakukan konsultasi untuk mengidentifikasi jenis energi tamu dan membersihkan aura. Oleh karena itu, terapis wajib memiliki sertifikat penyehat tradisional.