25/07/2024

TPID Provinsi Bali Kerja Sama Perhotelan dengan Produsen Arak Bali

 TPID Provinsi Bali Kerja Sama Perhotelan dengan Produsen Arak Bali

Pada Rabu 7 September 2022 bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Bali, Denpasar, Pemerintah dan Bank Indonesia Provinsi Bali memfasilitasi kerja sama jual beli arak Bali antara Marriott Group dan The Apurva Kempinski Hotel Bali dengan produsen arak Bali yang diwakilkan oleh PT. Dewan Arak Bali.

Seluruh pihak yang terlibat dalam kerja sama tersebut sepakat memperjualbelikan arak Bali dengan bahan baku minuman fermentasi dan/atau destilasi khas Bali.

Baca Juga :  Perbanyak Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Tambahan 60 Unit SPKLU _Ultra Fast Charging_

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, kerja sama ini merupakan pengembangan untuk produk pangan, fesyen (endek) Bali, garam Bali, serta perhiasan kerajinan perak Bali.

Sebelumnya Pemerintah dan Bank Indonesia Provinsi Bali telah memfasilitasi kerja sama Marriott Group dengan UMKM penghasil beras, telur, sayur-sayuran, buah-buahan, dan fesyen (endek). Diharapkan dengan inisiasi seperti ini, pelaku pariwisata khususnya hotel semakin banyak yang bergerak untuk memasarkan dan menggunakan produk lokal Bali.

Baca Juga :  Anniversary Bank BPD Bali ke-61, Tahun 2023 Tumbuh Kuat dengan Pengembangan Penetrasi Pasar

Gubernur Bali, Wayan Koster pada kesempatan yang sama menyampaikan kerja sama ini merupakan bentuk dukungan pelaku pariwisata Bali terhadap masyarakat Bali khususnya produsen arak Bali. Wayan menambahkan sejak diterbitkannya Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali arak Bali telah berkembang secara pesat baik dari sisi rasa maupun kemasan.

Gubernur Wayan Koster mengapresiasi Marriott Group dan The Apurva Kempinski Hotel Bali atas kerja sama ini dan berharap kerja sama serupa semakin diperluas untuk produk-produk lokal Bali lainnya. Pemanfaatan produk lokal Bali oleh pelaku usaha atau perhotelan merupakan implementasi dari Visi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dimana dengan pemulihan pariwisata yang mulai dirasakan oleh perhotelan dapat dirasakan pula oleh petani, nelayan, pengrajin, peternak, dan masyarakat Bali lainnya.

Area Vice President Marriott Indonesia, Ramesh Jackson dan General Manager The Apurva Kempinski

Bali, Vincent Guironnet selaku pihak perhotelan mengapresiasi fasilitasi kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia Provinsi Bali. Mereka menyatakan Marriott Group dan The Apurva Kempinski Bali berkomitmen dalam mendukung program penggunaan produk lokal Bali yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.