27/07/2024

Singing Bowl Digunakan Pawang Hujan, Di Bali Digunakan Upacara Mecaru

 Singing Bowl Digunakan Pawang Hujan, Di Bali Digunakan Upacara Mecaru

Pasca digunakan untuk menahan hujan di Sirkuit Mandalika, Lombok beberapa waktu lalu Singing Bowl milik pawang hujan Rara viral. Awalnya penggunaan Singing Bowl atau yang lebih dikenal dengan nama genta suara ini untuk upacara mecaru besar di Bali. Gusti Ayu Eka Utarini, pemilik usaha Griya Crystal yang juga menjual Singing Bowl menjelaskan berbagai macam manfaat dari Singing Bowl ini.

“Jadi disuarakan dalam proses mecaru. Kalau di Vihara untuk meditasi. Saat ini semakin banyak yang menggunakan karena vibrasinya dipercaya dapat menenangkan. Juga bisa digunakan sebagai sound healing. Jadi penyembuhan dengan suara,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Ini Sebabnya PLN Perkenalkan Motor Listrik ke Mahasiswa

Kemudian penggunaan Singing Bowl ini jika pada tempat perawatan seperti spa digunakan untuk relaksasi. Ada juga yang menggunakan pada saat yoga di sesi sawasana yang juga memiliki tujuan relaksasi dan memberikan efek ketenangan.

Sound Singing Bowl ini adalah alat yang bergetar kemudian dari getaran tersebut menjadi suara. Jadi intinya adalah vibrasi yang bisa menghasilkan suara tertentu ada nadanya. Biasanya kebanyakan yang membeli Singing Bowl ini memiliki banyak tujuan, seperti ingin merasakan sensasi suara itu dirumah.

Baca Juga :  Resmikan SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di RI, Presiden Jokowi: Apresiasi Kesiapan PLN Dukung KTT G20

“Jadi kita ajari dulu sehingga mereka bisa mengoperasikannya di rumah. Jadi pada saat ingin relaks, memulai aktivitas agar lebih fokus bisa menggunakan Singing Bowl. Selain itu Singing Bowl ini bisa digunakan untuk memulihkan kristal kembali,” tambahnya.

Jadi dengan Singing Bowl ini energi-energi pada kristal di re-charge (isi ulang) kembali. Selain menggunakan air dan sinar bulan mereka juga menggunakan Singing Bowl ini untuk me-recharge energi kristal. Vibrasi yang dikeluarkan Singing Bowl ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Untuk penyembuhan, dan juga untuk healing ruangan. Sementara ketika disinggung mengenai Singing Bowl untuk meredakan hujan, Eka mengatakan mungkin saja vibrasi untuk alam bisa saja.

“Kalau memang vibrasinya untuk alam bisa menyelaraskan frekuensi hingga hujan itu bisa digeser mungkin ada, namun saya belum mencoba. Biasanya memang digunakan untuk skup yang kecil seperti diruangan,” imbuhnya.

Untuk harga Singing Bowl sendiru mulai dari Rp 450 ribu untuk ukuran paling kecil hingga Rp 700 ribu untuk ukuran paling besar. Untuk bahannya sendiri berasal dari lima macam logam. Jadi kualitas suara atau vibrasinya tergantung pada jenis logam yang digunakan. Selain itu ketebalan dan besarnya juga mempengaruhi suaranya selain itu juga pemukulnya berpengaruh pada suaranya. Sejauh ini yang beli kebanyakan lokal sama internasional. Pengrajin Singing Bowl berasal dari Jawa Tengah, Yogjakarta dan Klungkung Bali.