23/05/2024

Puncak Perrayaan Fakultas Teknik Unud ke-57

 Puncak Perrayaan Fakultas Teknik Unud ke-57

Fakultas Teknik Universitas Udayana merayakan puncak HUT ke-57 pada Sabtu (1/10/2022). Perayaan puncak HUT yang dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat Universitas Udayana serta Dekan-dekan di lingkungan Unud ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue serta pelepasan 57 ekor burung. Membangkitkan suasana keakraban dimulai sejak pagi dengan jalan santai yang dihadiri Rektor dan jajarannya.

 

Dekan Fakultas Teknik Unud Ir. I Ketut Sudarsana, Ph.D didampingi Wakil Dekan I Prof. Suprapta Winaya dan Ketua Panitia BKFT-57 Dr. I Ketut Adi Atmika, ST, MT menyampaikan, peringatan BKFT ke-57 ini, dilaksanakan secara offline dan sedikit spesial dalam suasana kekeluargaan sebagai awal bangkit kembali setelah 2 tahun terisolasi kondisi COVID-19. Semangat BKFT ke-57 ini yang mengusung tema “Spirit of Unity” yang memiliki makna hingga usia ke-57 Fakultas Teknik Universitas Udayana, Seluruh Civitas Akademika Fakultas Teknik Universitas Udayana dapat mempertahankan semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta bangkit menjadi satu kesatuan untuk mencapai kesuksesan, prestasi, dan mampu bersaing di kancah internasional dalam era society 5.0.

 

Baca Juga :  Menanam Bakau di Pantai Kelan Kangin

“Dengan semangat persatuan kita bangkit dan tumbuh bersama dari ketertinggalan untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Teknik Universitas Udayana mendapatkan rekognisi internasional dan mendukung kemandirian Universitas Udayana menjadi PTNBH dan menuju World Class University,” ujarnya.

 

Menurutnya, peringatan ulang tahun Fakultas Teknik atau BKFT 57 bukan hanya sebuah pesta semata namun juga sebagai momentum untuk merefleksikan diri. Sebagai salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Udayana dengan student body yang cukup besar yaitu mahasiswa aktif pada TA 2022/2023 sebanyak 3.636 orang, telah didukung oleh tenaga dosen sebanyak 228 orang dan tenaga kependidikan (staf administrasi dan PLP) sebanyak 100 orang. Kualifikasi dosen-dosen FT Unud yang tersebar di 12 Program Studi (S1, S2 dan S3) sudah sangat baik dengan 50% lebih bergelar Doktor dan 27 orang Guru Besar (Profesor) merupakan kekuatan besar yang dapat menggerakan roda-roda Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Teknik menuju Fakultas yang bertaraf Internasional dan pencapaian target-target kinerja Institusi.

 

Dalam 1 tahun ini, FT Unud telah meraih berbagai penghargaan baik di bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat. Berdasarkan data PDDIKTI prodi-prodi di FT sudah mencapai 99,9%, dengan mahasiswa aktif tahun 2022 sebanyak 3.636 yang baru ikut MBKM 221 orang 6,1%. Akreditasi Prodi-Prodi di FT cendrung meningkat yaitu 66% prodi predikat Unggul, A dan Baik sekali, 2 Prodi Baik dan 2 prodi akreditasi B yang segera akan reakreditasi tahun 2023.

Baca Juga :  Cobain Sensasi Jadi Riders MotoGP di Mall Bali Galeria

 

Pada tahun 2021 ini, program studi sarjana Teknik Mesin juga telah direkognisi secara regional ASEAN melalui proses Sertifikasi AUN-QA. Sedangkan Tahun 2022 ini ada 3 Prodi yang sedang proses akreditasi International IABEE dan akan divisitasi 3-5 November 2022. Program Internasional Tropical Engineering juga mulai dilaksanakan lagi dengan 26 mahasiswa asing. Kerjasama international baik di bidang penelitian dan pengabdian terus didorong untuk menuju internasional.

 

Dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat, beberapa produk inovasi telah dihasilkan dari dosen-dosen Fakultas Teknik seperti incenerator sampah plastik, genzet biodiesel, antena kabel, batu tabas buatan, Fishgo, smart drone, Robot Ratna, cooler system, scooter listrik, suttle listrik dan sebagainya.

 

Hilirasi dari produk-produk inovasi ini perlu terus dilakukan baik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat maupun kerjasama dengan dunia industri. Keberadaan fasilitas/ruang riset pada Gedung Advanced Research Laboratory diharapkan mampu mempercepat target capaian karya-karya inovasi civitas akademika FT-Unud.

 

Dalam bidang prestasi kemahasiswaan, mahasiswa FT berprestasi di tingkat universitas tiga kali berturut-turut yaitu pada 2020, 2021 dan 2022. Dalam hal program kreativitas mahasiswa (PKM), Fakultas Teknik masih unggul di lingkungan universitas dengan memboyong kembali piala juara umum olimpiade PKM universitas. Ditingkat nasional, dua tim mahasiswa Teknik lolos ajang PIMNAS 34 dari empat tim Universitas Udayana.

 

Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU.menyampaikan, HUT BKFT ke-57 agar dimaknai dengan refleksi diri. Ia mengapresiasi kerja keras Dekan FT dengan capaian yang telah diperoleh. “Namun perlu perubahan dan inovasi terus menerus. Apa yang terjadi dari tahun lalu dan apa yang ingin dicapai 2023 tentu harus ada perubahan menuju usia 58 nanti. Capaiannya luar biasa tapi masih banyak yang harus dikerjakan,” ujarnya

 

Saat ini Unud berupaya mengintegrasikan peogram perkuliahan di Bukit, sehingga mahasiswa S0, S1, 52 Prodi akan kuliah di Bukit, sedangkan proses kuliah di Denpasar hanya untuk S2, S3, Program Profesi, Dokter spesialis, maka dari itu masih banyak yang harus dikerjakan. Sementara Fakultas Teknik telah memiliki fasilitas infrastruktur yang memadai untuk perkuliahan di Bukit maupun di Sudirman. Sehingga mahasiswa FT dapat dengan nyaman mengikuti perkuliahan. desi