Permintaan TKI Tinggi dari Polandia dan Australia

 Permintaan TKI Tinggi dari Polandia dan Australia

Denpasar – Permintaan tenaga kerja (naker) Indonesia ke luar negeri cukup tinggi seperti Australia, Polandia, dan Turki. Permintaannya tahun ini mencapai 150 – 500 orang.

Ketua Kadin Denpasar Putu Arnawa, Jumat (9/4) mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama terkait ketenagakerjaan. Dikatakan bulan depan akan diberangkatkan ke Polandia untuk bekerja. Permintaan Polandia adalah naker untuk terapis spa, pariwisata termasuk bekerja di kapal pesiar, permintaan Australia adalah naker di bidang perkebunan. “Permintaan naker cukup banyak sekitar 150 – 500 orang. Jadi besar potensinya,” ujarnya.

Baca Juga :  Dukung Rekomendasi Kebijakan Berbasis Nilai, Hari Pertama V20 2022 Summit Hadirkan Beragam Dialog dan Aktivitas Outdoor

Sedangkan permintaan kerjsama dari Rusia lebih banyak adalah produk seperti fashion, handicraft, seafood. “Cuma seafood kita tidak bisa penuhi karena wilayah perairan laut yang ada di Bali merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi. Jadi nanti kita akan berkomunikasi dengan Kadin Bali dan Pemerintah Provinsi Bali,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tumbuh 56%, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali Layani 605.133 Penumpang Periode Maret 2022

Bahkan terkait permintaan produk dari Rusia, ia didatangi oleh Konsulta Australia untuk menjalin kerjasama. MoU telah ditandatangani dan saat ini tinggal ditindaklanjuti. Pada Agustus nanti akan ada event besar di Rusia. Ia berharap jika telah dibuka, perwakilan Kadin Denpasar dapat membawa produk untuk dipamerkan disana seperti produk fashion dan perak.tta