25/07/2024

Pelindo Subreg Bali Nusra Peringati Bulan K3 Nasional

 Pelindo Subreg Bali Nusra Peringati Bulan K3 Nasional

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra mengadakan serangkaian acara untuk memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Rangkaian peringatan diselenggarakan sejak tanggal 12 Januari 2023 sampai dengan 12 Februari 2023.

Rangkaian acara yang dilakukan adalah sosialisasi bulan K3, pelatihan pemadaman kebakaran, donor darah, senam bersama, penghijauan dengan menanam bonsai kelapa, gotong royong di area kantor Pelabuhan Indonesia Subreg Bali Nusra dan upacara penutupan bulan K3.

Baca Juga :  HUT Lalu Lintas ke-67, Dit Lantas Polda Bali Gelar BAKSOS

Penanaman bonsai kelapa merupakan wujud penghijauan di area kantor guna terwujudnya lingkungan yang asri dan karyawan/karyawati yang sehat. Pelindo menempatkan total 34 bonsai kelapa yang telah ditanam di loby dan setiap ruangan kantor.

Selain itu juga dilaksanakan pelatihan pemadaman kebakaran di depan Terminal Penumpang BCT (Benoa Cruise Terminal), pelatihan ini diikuti oleh tenaga keamanan Pelabuhan Benoa, pegawai klinik PHC (Primasatya Husada Citra) Benoa, cleaning service dan petugas operasional di Pelabuhan Benoa, adapun materi pelatihan ini ialah arahan terkait bahaya kebakaran, pelatihan penggunaan APAR (alat pemadam api ringan), APAB (Alat pemadam api besar), penggunaan mobil PMK (Pemadam kebakaran) dan penggunaan hidrant, tujuan diadakannya pelatihan pemadaman agar peserta memahami upaya pencegahan kebakaran, memahami bagaimana kebakaran terjadi.

Baca Juga :  Siap-siap! PLN Jadi Raksasa Pelaku Carbon Trading yang Melantai di Bursa Karbon Indonesia

Rangkaian acara peringatan bulan K3 ditutup dengan upacara penutupan bulan K3 di halaman kantor PT Pelindo Subreg Bali Nusra, pada upacata ini CEO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, Ali Sodikin, menyampaikan Pelindo akan terus berkomitmen dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun untuk eksternal.

“Melalui peringatan bulan K3 ini, Kesehatan dan Keselamatan dalam bekerja sangat penting. Diharapkan, seluruh pemangku kepentingan dan para pekerja agar memiliki kesadaran bersama dalam penerapan K3, sehingga akan menjadi budaya bukan hanya sekedar simbol di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra,” ungkap Ali.

Ali juga berharap, dengan adanya kegiatan Bulan K3, dapat mendorong kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 sehingga lebih aware terhadap keselamatan dan kesehatan di kawasan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra.