24/07/2024

Muscab HIPMI Denpasar– Acara Bersejarah, Dirangkai dengan Open Bidding Karya Seniman NFT

 Muscab HIPMI Denpasar– Acara Bersejarah, Dirangkai dengan Open Bidding Karya Seniman NFT

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Denpasar melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) pada Jumat (4/2) di Dharma Negara Alaya. Muscab yang bertemakan Sueca Palemahan itu dibuka dengan simbolis menerbangkan layang – layang koran di panggung DNA.

Agenda dalam Muscab tersebut diantaranya, streaming dari lokasi penghijauan yaitu HIPMI Peduli Oksigen Kota, pemberian penghargaan pemenang sayembara logo musyawarah cabang HIPMI BPC Kota Denpasar tahun 2022, dilanjutnya dengan fun bidding NFT special Musyawarah Cabang HIPMI BPC Kota Denpasar tahun 2022 dan musyawarah cabang.

Baca Juga :  Mendorong Mobilitas Konsumsi Masyarakat Melalui Digital

Ketua HIPMI Denpasar Dewa Wirayuda mengatakan, selama tiga tahun HIPMI BPC Denpasar telah melaksanakan berbagai program yang disebut for Denpasar yaitu Denpasar Sinergi, Denpasar Solusi, Denpasar Peduli, Denpasar IT yang jumlahnya mencapai 251 kegiatan dari tahun 2019 – 2022.

Salah satu agenda yang bersejarah dalam Muscab HIPMI Denpasar kali ini adalah dilaksanakannya open bidding karya seniman NFT. “Hari ini kita melaksanakan acara yang bersejarah, dimana NFT bidding adalah penawaran dari karya seniman lokal, yang diangkat menjadi sebuah pagelaran,” ujarnya.

Pagelaran ini dimasukkan ke dalam marketplace baliola.com. Disana dilakukan open bidding atau penawaran. Hasil penawaran itu diberikan kepada seniman tersebut. Ketua Panitia Muscab HIPMI Denpasar Hendra Arimbawa menambahkan, hasil bidding, selain diberikan pada seniman, juga digunakan untuk green NFT, yaitu setiap karya yang terjual akan disumbangkan dalam bentuk pohon sesuai dengan tema Sueca Palemahan. Royalti atau hasil dari bidding berbentuk kepeng.io, mata uang digital yang bisa ditukar dengan rupiah.

Baca Juga :  BEI Gelar Literasi dan Inklusi Virtual Pasar Modal Syariah

“Ketika sudah ada kontraknya, akan dibagi seberapa besar untuk green NFT, seberapa persen yang diberikan kepada seniman, berapa persen yang akan diberikan untuk panitia penyelenggara,” jelasnya.

Ada dua seniman yang karyanya ditawar pada acara kali ini yaitu Gus Dark yang ilustrasinya digunakan saat pementasan drama di awal acara. Kedua, karya dari pemenang juara I pembuatan logo Muscab HIPMI Denpasar yaitu Khoirul, yang mana logonya di-NFT-kan dan di-bidding pada kesempatan tersebut.

Open bidding masih dapat dilakukan sampai tanggal 9 Februari sehingga masih ada kesempatan untuk memiliki karya tersebut. Menurutnya, dengan teknologi NFT memudahkan dalam mendigitalkan serta memasarkan produk – produk karya seni seniman, konten creator, illustrator, dan seniman lainnya.