15/04/2024

Menteri Erick Belanja di Pasar Ubud Pakai QRIS

 Menteri Erick Belanja di Pasar Ubud Pakai QRIS

Menteri BUMN Erick Thohir berbelanja di Pasar Ubud menggunakan QRIS pada Senin (20/9/21). Ia berbelanja produk – produk kerajinan masyarakat dengan menggunakan alat pembayaran berupa QR Code.

QRIS merupakan alat pembayaran non tunai berbasis QR Code. Cara pembayaran yaitu scan barcode dengan handphone yang telah dipasang aplikasi QRIS. Aplikasi QRIS juga telah tersedia pada mobile banking BPD Bali. Hanya dengan scan (tap) HP ke QR Code pedagang  bisa langsung membayar.

Baca Juga :  Ramai - ramai Lapor SPT Pajak, dari Konten Kreator Hingga Menteri

Masyarakat tinggal memasukkan nominal belanjaan dan menekan password masing – masing. Sangat mudah, tanpa bersentuhan dengan pedagang atau menyentuh uang tunai, masyarakat dapat berbelanja dengan aman. Sebagian besar pedagang di Pasar Ubud sudah mengadopsi QRIS.

Menteri Erick juga berdialog dengan pedagang di Pasar Ubud. Ia berpesan pada para pedagang agar tetap bersabar, tidak menyerah dan optimis terhadap pemulihan kondisi ekonomi Bali yang sedang berlangsung seiring dengan terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia dan Bali.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, dukungan Menteri Erick terhadap penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran non tunai kekinian diharapkan dapat meningkatkan adopsi QRIS oleh pelaku UMKM yang ditargetkan tahun ini sebanyak 12 juta merchant.

Baca Juga :  UMKM Bali Ayo Jajaki Pasar Panama, Kosta Rika, Honduras dan Nikaragua!

Sebelum berbelanja ke Pasar Ubud, Menteri Erick juga melakukan demo pembayaran transaksi menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di stand UMKM binaan Bank Indonesia dan BPD Bali.tta