27/07/2024

Jika Mau Usahamu Sukses, Keuangan Bisnis dan Pribadi Tak Boleh Dicampur

 Jika Mau Usahamu Sukses, Keuangan Bisnis dan Pribadi Tak Boleh Dicampur

keluarga harmonis/ist

Salah satu penyebab kegagalan wirausahawan dalam mengembangkan bisnis adalah manajemen keuangan yang tidak teratur atau bahkan salah. Diantaranya adalah pengelolaan antara uang pribadi dan uang bisnis yang disatukan. Mengelola keuangan bisnis dan pribadi sangat penting untuk memudahkan kamu dalam pengambilan keputusan.

 

@ibupintar.indonesia akan memberikan tips mengelola keuangan yaitu:

  1. Pisahkan rekening pribadi dan bisnis

Ini hal mutlak yang harus dilakukan. Jangan disimpan dalam satu akun rekening. Hal ini penting untuk memudahkan kamu dalam melacak pengeluaran bisnis ataupun pribadi.

 

  1. Menggaji diri sendiri

Ini penting dilakukan agar menghindari keinginan menggunakan uang usaha. Gajilah diri sendiri berdasarkan kontribusi yang kamu lakukan pada perusahaanmu. Misalnya kamu ahli dalam administrasi, maka sesuaikan gajimu dengan gaji admin pada umumnya  agar kamu pun semangat dalam bekerja.

 

Baca Juga :  Satgas PASTI Hentikan Kegiatan Influencer Ahmad Rafif Raya

  1. Gunakan sistem transfer 

Sistim ini memudahkan melacak pengeluaran kamu.  Jadi kamu tinggal print data transaksi dalam sebulan untuk dianalisa. Dibandingkan pengeluaran secara cash, akan berisiko kehilangan nota belanja dan repot dalam hal penyimpanan.

 

  1. Pelajari keuangan bisnis sederhana

Minimal kamu tahu berapa modal yang kamu keluarkan, target balik modal, target omzet dan net profit yang harus kamu kejar.

 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lapor SPT Tahunan, Menkeu Ingatkan Hal Ini

  1. Gunakan aplikasi keuangan atau program komputer

Jika kamu punya modal lebih, silakan menggunakan system keuangan berbayar dari apikasi atau software computer. Jadi semua bisa tersimpan rapi dan dapat dianalisa.

 

Mau dapat update terbaru seputar keuangan dan mengurus rumah tangga, silakan follow Instagram @ibupintar.indonesia.