27/07/2024

Cara Mencapai Goal Keuangan Kamu

 Cara Mencapai Goal  Keuangan Kamu

keluarga harmonis/ist

Belajar hidup frugal minimalis, bukan berarti kamu hidup irit ya, tapi mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Dengan gaya hidup seperti ini, akan membuatmu lebih memaknai hasil kerja kerasmu dan bijak menggunakannya, dan yang terpenting adalah kamu bisa mencapai goal keuangan kamu.

Berikut tips – tips hidup frugal minimalis ala @ibupintar.indonesia

1.Tidak masalah, tidak beli

Belajar Say No untuk barang yang sebenarnya engga butuh-butuh amat. Dunia gak runtuh kok! Yuk bisa yuk lawan perasaan itu.

Baca Juga :  OJK Terus Mendorong Penguatan Industri BPR di Bali Sesuai Amanat UU P2SK
  1. Jangan termakan iklan

Beli jika kamu butuh dan punya budget ya. Tahan diri dan tanya pada diri sendiri “Ini perlu engga sih atau ini hanya emosi sesaat?”

  1. Diskon..diskon..diskon..

Kadang kata diskon membuat mata kita berbinar – binar. Namun kata – kata ini cukup menyesatkan jika kamu tidak membutuhkan barang – barang tersebut. Dalam benakmu pasti pernah terpikir bahwa Wah.. da diskon dari Rp 100.000 jadi Rp 50.0000.

“Wow.. jika aku beli barang ini, aku bakal hemat Rp 50.000”.  Stop memiliki cara berpikir seperti itu. Ubah cara berfikir, jika tidak membeli maka kita tidak kehilangan Rp 50.000.

  1. Fokus jangka panjang

Sebelum membeli barang, kamu harus paham usia produktif dari barang tersebut. Lebih baik, mengeluarkan uang lebih ketika membeli di awal daripada membeli barang yang cepat dan mudah rusak atau biaya perawatan tinggi, uang yang akan kamu keluarkan akan lebih banyak nantinya.

  1. Perhatikan hal kecil

Membeli sesuatu baik barang maupun makanan atau hal lain yang harganya murah tapi justru jika membelinya setiap waktu, tentu akan menguras kantong juga. Padahal tanpa membeli pun hidup kita baik – baik saja.

Misalnya membeli pentol cuman Rp 5.000. “Ah segitu doang, kecil,”. Eits.. coba hitung dalam sebulan jika kita membeli pentol, boba, bakso, mie ayam, pangsit yang harganya murah dan terjangkau serta mudah bagi kita mengeluarkan uang saat itu juga, tentu jika diakumulasikan hasilnya cukup besar juga.

  1. Hindari mengejar gaya hidup

Keinginan membeli handphone seri terbaru, baju tren terbaru, serta barang – barang gaya hidup lain mending dipikir ulang lagi Sobat Balidailynews. Jika barang itu hanya untuk menyenangkan orang lain, hentikan yang Sobat. Tapi jika itu untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan kamu, silahkan saja.

Baca Juga :  Perkuat Fondasi Digital untuk Transisi Energi, PLN Gandeng Huawei Kembangkan Joint Innovation Center
  1. Berani malu

Membawa bekal, membawa tumbler hendaknya tidak buat kamu malu ya. Kebiasaan ini justru akan menjadi kebiasaan positif yang bisa menularkan ke orang lain. Bawa saja semua itu jika hanya untuk menemani pekerjaan kita di depan laptop, kecuali jika kamu akan bertemu rekan bisnis, silakan saja ke kedai – kedai kopi.

  1. Punya goal besar

Jika ingin goal keuangan kita tercapai, lalu pensiun dini tanpa menurunkan standar hidup sejahtera saat ini, maka tips di atas worth it untuk kamu lakukan.

Silakan kunjungi instagram @ibupintar.indonesia