08/09/2024

Hari Raya Nyepi 2024, Beban Puncak Listrik di Bali Diprediksi Menurun, PLN Pastikan Pasokan Aman  

 Hari Raya Nyepi 2024, Beban Puncak Listrik di Bali Diprediksi Menurun, PLN Pastikan Pasokan Aman  

Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN UID Bali, Hamidi Hamid dalam konferensi pers, Selasa (5/3/2024) di Renon.

Denpasar-   PT PLN (Persero) Unit  Induk Distribusi (UID)  Bali  memprediksi  beban puncak kelistrikan di Pulau Dewata mengalami penurunan di  Hari Raya Nyepi  Tahun Baru Caka 1946 yang jatuh pada, Senin (11/3/2024) mendatang  dibandingkan dengan hari biasa.  Sehingga dipastikan pasokan listrik selama perayaan Nyepi tersebut masih tetap aman.

Hal tersebut disampaikan  Senior Manager  Komunikasi dan Umum PT PLN UID Bali, Hamidi Hamid didampingi oleh  Manajer Komunikasi  PT PLN UID Bali,  Made Arya saat konferensi pers pada, Selasa (5/3/2024) di Renon.

Baca Juga :  76 SPKLU Telah Tersebar di 30 Lokasi,  PLN Bali Himbau Pengguna Kendaraan Listrik Tak Khawatir

Hamidi Hamid memaparkan,  bahwa  cadangan kelistrikan di Bali  masih sangat handal. Dimana, daya mampu pembangkit yang dimiliki mencapai 1.500MW sementara  beban puncak di hari biasa hanya 1.100MW.

Sementara itu,  dalam perayaan Nyepi, secara historikalnya, sistem kelistrikan di Bali  biasanya akan mengalami penurunan.  Untuk Nyepi tahun ini, diprediksi  beban puncaknya hanya 919 MW sehingga cadangan yang dimiliki masih cukup besar sekitar 586 MW.

Baca Juga :  Libur Lebaran, PLN Pastikan Layanan SPKLU Di Bali Operasi Normal

“Saat  Hari Raya Nyepi kami prediksi beban puncak  listrik di Bali  akan mengalami penurunan menjadi 919 MW  hal itu tentu lantaran  masyarakat mengurangi  penggunaan listrik,”  jelasnya.

Ditegaskan, bahwa   dalam perayaan   Nyepi,  secara umum pihaknya  tidak  melakukan pemadaman listrik di Bali. Khusus untuk wilayah Nusa Penida   saat ini masih menunggu hasil rapat antara perangkat  desa setempat.

“Untuk Nusa Penida kami masih menunggu hasil  rapatnya, apakah akan dipadamkan seperti  tahun  lalu atau sebaliknya,”  lanjutnya.

Lebih lanjut dipaparkan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan dan masalah kelistrikan pada perayaan Nyepi tahun 2024 ini, PLN UID Bali menyiapkan 46  posko dengan 218  personel di lapangan.

Baca Juga :  Muscab HIPMI Denpasar-- Acara Bersejarah, Dirangkai dengan Open Bidding Karya Seniman NFT

Adapun posko siaga selama Hari Raya Nyepi tersebut yakni untuk UP3 Bali Timur sebanyak 17 posko dengan 66 orang personel. Di wilayah Bali Utara sebanyak 13 posko dengan  80 orang personel, Bali Selatan 15 posko (66 orang personel) dan 6 orang disiagakan di Unit Pelaksana  Pengatur Distribusi ( UP2D).

Manajer Komunikasi  PT PLN UID Bali, Made Arya menambahkan, apabila terjadi gangguan kelistrikan yang bersifat urgent, petugas akan segera melakukan perbaikan ke lokasi dengan koordinat ke pecalang setempat. Namun, apabila gangguan yang bersifat biasa, petugas akan melakukan perbaikan sehari setelah perayaan Nyepi. ***