16/09/2024

Erwin Soeriadimadja Dikukuhkan Jadi Kepala BI Bali

 Erwin Soeriadimadja Dikukuhkan Jadi Kepala BI Bali

Erwin Soeriadimadja dikukuhkan sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Acara pengukuhan dilaksanakan pada Senin (7/8/2023) dihadiri oleh pejabat Kementerian/Lembaga di lingkungan wilayah Provinsi Bali serta Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

Dalam sambutannya Perry Warjiyo meminta agar Erwin melanjutkan program – program yang telah dilaksanakan Trisno Nugroho selama ini. Diantaranya, digitalisasi, pengendalian inflasi dengan menjaga ketahanan pangan Bali, peningkatan kualitas UMKM sebagai penopang ekonomi Bali selain pariwisata, mengembangkan quality tourism, ekonomi hijau, ekonomi yang inklusif dan hilirisasi.

Baca Juga :  Bank Indonesia Dorong Bali Sebagai Pusat Industri Digital

Menurutnya, pariwisata tidak bisa lagi menjadi satu – satunya sumber penopang ekonomi Bali, karena belajar dari pengalaman pandemi. Maka dari itu peningkatan kualitas UMKM dan hilirisasi produk menjadi hal yang harus ditingkatkan di Bali. Selain itu, belajar dari pandemi juga bahwa ketahanan pangan Bali sangat riskan terganggu karena ketergantungan dari luar Bali.

Hal itu membuat Bali sempat menduduki posisi teratas inflasi tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 12 persen. Maka dari itu, ia meminta agar Erwin berkolaborasi dengan Pemda di Bali dalam hal pengendalian inflasi. Selain itu pariwisata Bali tidak lagi mengandalkan mass tourism tapi mulai menawarkan paket – paket wisata yang berkualitas.

Baca Juga :  Begini Mekanisme Perbankan Menyelesaikan Kredit Risiko Gagal Bayar

Sementara digitaliasi di Bali berjalan cukup baik karena akselerasi digitalisasi seperti BI Fast, QRIS, dan pemasaran berjalan paling cepat. Sekda Bali Dewa Made Indra mengatakan, BI memiliki peran strategis di Provinsi Bali. BI tidak hanya menyampaikan saran dengan data yang dimiliki namun juga melakukan intervensi langsung hingga ke tingkat bawah. Seperti memperkuat UMKM dan bahkan memiliki petani binaan.