08/09/2024

Dirancang Almarhum Prof. Ramantha– Buku Akuntansi LPD Segera Dilaunching

 Dirancang Almarhum Prof. Ramantha–  Buku Akuntansi LPD Segera Dilaunching

Almarhum Prof. Wayan Ramantha telah menyusun buku Akuntansi LPD sebelum meninggal. Buku tersebut ditargetkan rampung tahun ini.

Akuntan publik yang juga menantu ketiga almarhum, L.P. Novyanti Ciptana Ika P., Jumat (12/7/2024) menuturkan bahwa ada buku yang belum sempat diluncurkan almarhum. “Padahal sudah selesai, tinggal mengedit sedikit lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  Korupsi LPD Serangan, Mantan Ketua Serahkan Bukti Tambahan

Buku akuntansi publik yang disusun alm. Prof. Ramantha bersama anak pertamanya I Wayan Pradnyantha Wirasedana, merupakan buku sistem akuntansi khusus LPD yang telah disusun sejak 2022.

Buku ini disusun lantaran alm. prihatin dengan kondisi LPD saat ini banyak tersangkut kasus dan bermasalah baik akibat fraud, salah manajemen dan kebangkrutan. Maka agar dapat melakukan upaya pencegahan dan menyelamatkan LPD, alm menyusun sistem akuntansi yang dapat diterapkan LPD.

Baca Juga :  Yuk Tanam Cabai di Pekarangan Rumah!

Mengingat LPD adalah lembaga keuangan milik desa adat, maka perlakuan akuntansinya berbefa dengan lembaga keuangan lain seperti lembaga keuangan yang diawasi OJK.

“LPD mirip BPR tapi secara karakteristik berbeda karena kepemilikannya itu bukan Perseroan atau PT tapi milik desa adat. Jadi yang berlaku disana tidak hanya hukum positif saja tapi juga hukum adat. Sehingga almarhum ingin membuat standar akuntansi khusus LPD agar dapat memuat hukum adat dalam pengelolaan LPD,” tutur Novi.

Dalam buku itu juga membahas terkait perkembangan LPD dari awal berdiri, perkembangannya terutama saat terimbas dampak Pandemi Covid-19, kondisi LPD saat ini serta membuat pararem agar per masing – masing desa adat mempunyai regulasi yang mengatur soal LPD itu sendiri. Termasuk di dalamnya berisi bagaimana peran akuntan publik dalam membantu LPD sebagai upaya tindakan preventif. Launching buku akuntansi LPD direncanakan rampung tahun ini.