20/02/2024

Bank Indonesia Dorong Bali Sebagai Pusat Industri Digital

 Bank Indonesia Dorong Bali Sebagai Pusat Industri Digital

Struktur dan fundamental perekonomian Bali didominasi oleh sektor pariwisata yang sangat rentan terhadap guncangan eksternal, seperti pandemi COVID-19. Berkaca pada pengalaman tersebut, diperlukan inovasi untuk menggali potensi pertumbuhan ekonomi lainnya diantaranya melalui pengembangan digitalisasi dan sektor ekonomi kreatif.

Untuk itu Bank Indonesia mendorong Bali menjadi pusat industri digital. Gubernur BI Perry Warjiyo yang membuka Bali Digifest II 2023 dengan tema “Accelerating Bali’s Digital Transformation”  pada Jumat (2/6/2023) menyampaikan, Bali adalah salah satu provinsi dengan implementasi digitalisasi terbaik di Indonesia dan Bank Indonesia akan senantiasa all out untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Pulau Bali.

Baca Juga :  Keberhasilan Transformasi dan Inovasi Digital Pelayanan Pelanggan PLN Meraih 2 Penghargaan Internasional

Ada 4 langkah yang dapat ditempuh guna menjadikan Bali sebagai pusat industri digital tidak hanya di Indonesia namun dunia, diantaranya perlu dibangunnya kawasan khusus sebagai pusat pengembangan inovasi digital, penciptaan iklim bisnis yang mendukung salah satunya melalui penciptaan ekosistem keuangan digital, reformasi birokrasi melalui digitalisasi, dan pengembangan SDM.

Bank Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali terus mendorong akselerasi ekosistem digital dan pengembangan ekonomi kreatif salah satunya melalui perhelatan Bali Digital Festival (Bali Digifest).

Baca Juga :  Cara Mencapai Goal Keuangan Kamu

Bali Digifest 2023 akan berlangsung selama 3 hari dengan berbagai kegiatan yang terdiri dari konferensi/seminar, kompetisi digital kreatif, showcase inovasi, start up, animasi, konten kreatif dsb bertempat di Taman Budaya Art Center.

Secara umum, penyelenggaraan Bali Digifest 2023 akan memberikan manfaat berupa terwujudnya transformasi digital menuju Bali Era Baru dan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional dan Bali.

Adapun penyelenggaraan Bali Digifest 2023 merupakan peak event dari rangkaian acara Bali Digital Innovation Festival (BALIGIVATION) 2023 yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Rangkaian kegiatan BALIGIVATION yang sudah dilaksanakan sebelumnya yakni berupa kickoff & talkshow pada 9 Maret 2023 dilanjutkan dengan serangkaian roadshow sosialisasi lomba pada Bulan April 2023 yakni Lomba Ide Kreatif (Banjar Digital: Inovasi Membangun Bali) dan Lomba E-sport Lokapala.

Pada Bali Digifest 2023 akan dilaksanakan final Lomba Ide Kreatif dan E-sport Lokapala serta penyelenggaraan Casual Talk dengan tema “Digital Transformation Of Micro Finance To Promote Financial Inclusion ”. Casual talk ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat serta meningkatkan awareness mengenai pentingnya inklusi keuangan sekaligus menggali langkah-langkah strategis dan kolaboratif untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat.

Casual Talk Bali Digifest 2023 dihadiri langsung oleh Anggota Komisi XI DPR-RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, dengan panelis terdiri dari Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Dicky Kartikoyono, COO Xendit, Tessa Wijaya, dan Founder Ngopi Pintar Bali, Agus Helly.

Casual Talk ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan yakni perwakilan perbankan, koperasi, LPD, asosiasi, akademisi, dan mahasiswa.