Anti Rugi, Tips Mengelola Keuangan Bisnis Agar Untung

 Anti Rugi, Tips Mengelola Keuangan Bisnis Agar Untung

keluarga harmonis/ist

Hai sahabat @ibupintar.indonesia! Engga terasa sekarang sudah hari Kamis, minggu pertama di awal September. Minggu ini kita akan bahas bagaimana mengelola keuangan bisnis kita secara sederhana.

Jaman sekarang apalagi dalam masa pandemi ini banyak ibu rumah tangga yang terpaksa terjun ke dunia wirausaha agar bisa membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga. Tapi mom harus telaten lho dalam mengelola keuangan bisnis. Jangan sampai tercampur dengan keuangan keluarga ya. Kalau mom salah pengelolaan keuangan bisnis, alih – alih membantu keuangan keluarga, eh malah keuangan pribadi mom bisa ikutan berantakan.

Pengelola akun instagram @ibupintar.indonesia Kadek Ayu Winda Sari menyampaikan beberapa hal yang mom wajib perhatikan.
1. Disiplin pencatatan keuangan
Mulailah mencatat secara terpisah keuangan bisnis dan pribadi ya mom. Entah dibantu aplikasi yang banyak bermunculan atau manual pun tidak masalah asal semua rinci meliputi, pengeluaran ,piutang dan untung bersih.

Baca Juga :  Cari Rumah Murah? REI - BRI Expo 2022 Akan Segera Digelar di Level 21

2. Pisahkan rekening penyimpanan uang untuk bisnis dan pribadi. Ini bagian terpentin ya mom. Karena jika tidak, akan membingungkan mom, apalagi tidak punya catatan rinci keuangan dalam bisnis. Entah bisnis ini untung atau malah merugi.

3. Gajilah diri anda sendiri sesuai dengan kontribusi anda.
Mulailah menggaji diri mom sendiri walaupun sebagai owner selayaknya staff lainya. Karena ini membuat mom  tidak segampang itu menggunakan uang dari usaha. Kerja mom juga harus dihargai loh biar tambah semangat. Jika usaha memiliki admin khusus untuk keuangan, gaji mom bisa dihandel oleh admin saja seperti staff lainnya.

4. Mempunyai dana darurat untuk bisnis.
Nah sama halnya dengan keuangan pribadi kita. Bisnis juga butuh dana darurat lho mom untuk jaga jaga saat usaha kita macam rollercoster agar mom tidak memasukan modal lagi. Untuk antisipasi kondisi yang tidak terduga.

Baca Juga :  Markas Judi on Line Digerebek, Sembilan Karyawan Diamankan

5. Hitung pula HPP ( harga pokok produksi) dan BEP ( break event point)
Nah disini mom sudah menggali lebih dalam aga mom tau berapa sih minimal penjualan agar tidak merugi dan berapa omset agar bisa mencapai keuntungan.

Sekian tips dari @ibupintar.indonesia semoga membantu mom menjalani hari hari sebagai ibu dan berbisnis.