24/04/2024

6 Fakta Pasar Ikan Kedonganan Wajib Kamu Tahu

 6 Fakta Pasar Ikan Kedonganan Wajib Kamu Tahu

pasar ikan kedonganan/www.dreamstime.com

Bali memang surganya wisata. Berbagai jenis atraksi wisata dan tempat wisata ada di Bali. Salah satu tempat wisata antimainstream di Bali adalah pasar tradisional atau pasar rakyat. Bali memiliki banyak pasar tradisional. Ada pasar tradisional umum dan ada pasar tradisional khusus. Membayangkan wisata ke pasar tradisional, rasanya seru juga ya…

Di pasar tradisional umum, berbagai jenis barang atau produk dijual. Sementara di pasar tradisional khusus, barang yang dijual bersifat khas atau spesifik. Seperti pasar seni Sukawati yang menjual barang – barang seni dan kerajinan tangan masyarakat, pasar buah Anyar Sari, di Cargo, Ubung yang menjual buah – buahan. Ada juga pasar hewan Beringkit, Mengwi yang menjual hewan khususnya sapi.

Baca Juga :  Mulai dari Bom Bali Hingga Pandemi, Kuta Tetap Jadi Destinasi

Selain itu ada pasar kodok, Tabanan yang menjual baju atau pakaian bekas. Ada pasar loak di Kreneng, sebelumnya di Jalan Gunung Agung, menjual barang – barang bekas. Ada pasar seni Kumbasari yang menjual barang – barang seni dan kerajinan, ada pasar ikan Kedonganan yang menjual aneka makanan laut.

Pasar ikan Kedonganan merupakan salah satu pasar yang cukup terkenal di kalangan wisatawan khususnya domestik, karena di sekitar Pasar Kedonganan juga berjejer rumah makan – rumah makan seaafood dengan pemandangan Pantai Kedonganan. Kebayang dong, gimana rasanya makan seafood sambil mandangin laut dan langit yang biru.. Hehhehe…

Baca Juga :  Amanda Manopo Resmi Bergabung sebagai Brand Ambassador YOU Beauty

Bicara soal Pasar Kedonganan, enam fakta soal Pasar Kedongan wajib kamu tahu. Simak faktanya berikut ini,

  1. Hasil laut yang dijual di Pasar Kedonganan berasal dari seluruh perairan Indonesia. Jadi setiap harinya ada hasil laut yang dikirim dari Pasar Kedonganan, dan ada pula yang masuk ke Pasar Kedonganan.
  2. Ikan yang dikirim ke Pasar Ikan Kedonganan mencapai 400 ton per bulan. Jadi kebayang dong penjualan ikan disini.
  3. Selain Pengelola Pasar Ikan Kedonganan, juga ada KUD Mina Segara yang mengelola pasar ikan. KUD Mina Segara bertugas memasarkan ikan baik untuk ekspor, distribusi ke cafe – cafe yang ada di sekitar pasar, dan restorant di Bali. Sehingga KUD Mina Segara dikatakan sebagai hub penjualan dan pembelian ikan di Bali.
  4. Harga seafood di Pasar Ikan Kedonganan mulai dari Rp 30.000. Selain harga lebih murah, kamu juga dapat menawar di pasar ini. Tentunya menawar dengan harga yang wajar ya..
  5. hasil laut yang dijual di Pasar Kedonganan cukup beragam mulai dari berbagai jenis ikan, berbagai jenis kerang, kepiting, cumi – cumi, gurita, berbagai jenis udang, dll.
  6. Hal yang paling penting kamu ketahui adalah, wisata kuliner di pasar ikan Kedonganan. Di sini kamu dapat membeli ikan dengan harga yang lebih murah. Lalu kamu bisa mencari jasa bakar atau masak seafood di sekitar pasar. Ada banyak warung atau cafe, selain menjual seafood juga menerima jasa bakar. Jasa bakar, biayanya mulai dari Rp 15.000  per kg, sudah termasuk bumbu bakarnya.

Sedapnya, makan ikan dengan harga lebih murah di Pinggir Pantai Kedonganan sambil menyaksikan matahari terbenam…