08/09/2024

Universitas Warmadewa Kukuhkan Prof. Wisnumurti Sebagai Guru Besar Tetap, Kini Punya 22 Orang Profesor

 Universitas Warmadewa Kukuhkan Prof. Wisnumurti Sebagai Guru Besar Tetap, Kini Punya 22 Orang Profesor

Pengukuhan Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Administrasi Publik, Prof.Dr.Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti,M.Si (kiri) oleh Rektor Universitas Warmadewa (Unwar), Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., (kanan).

Denpasar- Universitas  Warmadewa  (Unwar) hari ini, Sabtu (14/10/2023) resmi mengukuhkan  Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Administrasi Publik, Prof.Dr.Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti,M.Si.

Pengukuhan  Guru Besar Prof. Wisnumurti  dilakukan langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar.

Pada pengukuhan ini, Prof. Wisnumurti membawakan Orasi Ilmiah berjudul “Pemaknaan Kritis Ilmu Administrasi Publik: Diskursus Pengetahuan Lokal dalam Tata Kelola Kebijakan Publik”.

Dalam pengukuhan Prof. Wisnumurti sebagai Guru Besar Tetap Unwar, ratusan karangan bunga berupa ucapan selamat berjejer menghiasi kampus yang terletak di  Jalan Terompong, Sumerta Kelod, Denpasar Timur tersebut.

Baca Juga :  Tol Mengwi-Gilimanuk Ancam Keberlanjutan Lahan Sawah

Dengan dikukuhnya Prof. Wisnumurti, kini Unwar memiliki 22 orang Guru Besar Tetap.

Prof. Wisnumurti, selain sebagai dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unwar juga merupakan Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi Unwar.

Pengukuhan dihadiri oleh Ketua LLDIKTI Wilayah VIII, Ketua Umum ABPTSI Pusat, Ketua APTISI Bali, Pembina, Pengawasan dan Pengurus Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Senat Unwar, Guru Besar undangan dari PT luar Unwar, keluarga dan kerabat, serta para undangan lainnya.

Rektor Unwar, Prof. Suranaya Pandit, mengaku bangga dan berbahagia karena Unwar terus melahirkan Guru Besar di usianya yang baru-baru ini menginjak usia 39 tahun.

Baca Juga :  Berwisata di Bali Makin Ramah Lingkungan, PLN Bersinergi dengan Swasta Bangun Infrastruktur SPKLU di Monkey Forest Ubud

Tahun 2023 ini, Unwar telah mengukuhkan 4 orang Guru Besar. Dimana,  Prof. Wisnumurti merupakan Guru Besar keempat yang dikukuhkan pada tahun 2023 ini. Sehingga, kini Unwar telah memiliki 22 orang Guru Besar.

Namun, menurutnya,  jumlah tersebut masih sedikit sehingga tahun 2024 mendatang, pihaknya mendorong dan menyiapkan dosen-dosen yang telah memenuhi syarat untuk bisa dikukuhkan sebagai guru besar.  Sehingga, dengan semakin banyak guru besar yang lahir di Unwar akan membawa Unwar lebih bermutu dan Go  South East Asia tahun 2026 untuk mewujudkan berdaya saing global tahun 2034.

Atas pengukuhan tersebut, Prof. Wisnumurti, mengaku bersyukur karena telah berhasil meraih jabatan akademik tertingginya sebagai guru besar, sebab untuk mencapai gelar ini tidak semudah membalikkan telapak tangan namun ada proses tahapan yang dilalui dan dijalankan yang erat kaitannya dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Baca Juga :  Test Post

“Kebetulan saya fokus pada ilmu administrasi publik, utamanya di bidang kebijakan publik, dan aktivitas saya baik itu dalam proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan aktivitas sosial di luar kampus selalu berkaitan dengan bidang ilmu saya, sehingga inilah sesungguhnya yang menjadi faktor yang sangat membantu saya ada pada titik ini,” ujar Prof. Wisnumurti.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Drs. I Nyoman Yasa, M.Si., mengucapkan selamat atas raihan gelar akademik tertinggi yang telah diraih Prof. Wisnumurti.

Dikatakan, dengan gelar guru besarnya ini, akan semakin membawa Unwar jauh lebih baik ke depan. Apalagi dengan berbagai pengalaman yang luas dimiliki, Prof. Wisnumurti telah terbukti membawa Unwar yang merupakan salah satu unit pelaksana kerja (UPK) Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali tambah maju.

Baca Juga :  Pegadaian Terima Dana Rp 1,5 Triliun, Untuk Apa?

“Mudah-mudahan ke depan kemajuan yang telah kita capai ini terus akan meningkat. Saya optimis itu, dengan kemampuan beliau (Prof. Wisnumurti) memimpin yayasan selama 2 kali periode ini sudah jelas kelihatan bahwa UPK-UPK dibawah yayasan semakin tahun semakin maju. Itu saya bangga dengan kepemimpinan beliau,”  katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T.,IPU., ASEAN. Eng., mengatakan bahwa Prof. Wisnumurti merupakan sosok yang sangat dinamis dan komplit dengan berbagai pengalamannya dari segala bidang. Tidak hanya bidang keilmuannya, namun juga pengalaman berorganisasi nya yang menunjang keilmuannya. Terutama dibidang politik, karena pernah sebagai Ketua KPU Bali. Dengan berbagai pengalamannya itu, Prof. Wisnumurti layak menjadi guru besar bidang ilmu administrasi publik. ***