08/09/2024

UHN IGB Sugriwa Lepas Wisudawan ke-7 — Wujudkan Indonesia Emas dengan Lulusan Moderat

 UHN IGB Sugriwa Lepas Wisudawan ke-7 —  Wujudkan Indonesia Emas dengan Lulusan Moderat

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa melaksanakan upacara akademik Wisuda VII pada Rabu (17/8/2023) di The Patra Bali Resort and Villas. Dengan tema Melalui Wisuda ke-7 UHN IGB Sugriwa Denpasar Wujudkan Indonesia Emas dengan Lulusan Moderat.

 

Sebayak 401 wisudawan dan wisudawati dilepas pada saat itu. Sebelumnya, telah dilaksanakan upacara Samawartana pada Senin (14/8/2023) pagi di Pura Melanting Kampus Bangli. Selanjutnya pada sore hari dilaksanakan yudisium di Kampus Pascasarjana, Denpasar bagi program pascasarjana baik program doktor maupun magister.

Baca Juga :  Prodi IKH UHN IGB Sugriwa-- Gelar Talkshow Komunikasi Politik Jelang Pemilu 2024

 

Yudisium diikuti 82 calon wisudawan dan wisudawati. Sebanyak 82 orang yang dilepas terdiri dari 7 orang program Doktor Ilmu Agama, 6 orang dari program Magister Brahma Widya, 26 orang dari program Dharma Acarya, 33 orang dari program Magister Ilmu Komunikasi Hindu,  dan 10 orang dari program Magister Pendidikan Bahasa Bali.

 

Direktur Pascasarjana UHN IGB Sugriwa Prof. Dr. Dra. Relin D.E.,M.Ag. mengucapkan selamat menyambut masa depan gemilang. Ia berharap lulusan dapat menerapkan kode etik dimanapun berada. Ia ingin memberikan kekuatan batin bagi wisudawan dan wisudawati agar karir semakin menanjak dan selalu dalam melaksanakan tugas, tetap sehat dan panjang umur. “Kami program pascasarjana selalu mengedepankan kualitas bukan kuantitas karena sesuai mandat Dikti,” ujarnya.

Baca Juga :  Tanggulangi Krisis Energi, PLN Sosialisasikan Permen ESDM Nomor 12/2022

 

Acara pelepasan wisudawan adalau momentum mengukuhkan gelar S2, S3 sehingga wisudawan wisudawati akan sah menjdi calon magister dan doktor. Ia berharap , setelah menjadi alumni, tidak melupakan lembaga ini walaupun wisudawan /wisudawati dari beragam instansi . Acara pelepasan ini merupakan ide cemerlang dan cerdas yang berasal dari wisudawan. Ia berharap lulusan nantinya dapat beradaptasi di dunia kerja.

 

Ilmu yang didapatkan selama ini diharapkan ilmu umum dan agama yang terintegrasi agar dikembangkan. Tugasnya berat yaitu mentransformasikan dan mengembangkan dunia akademik bagi umat Hindu yang ada di Bali dan bahkan di dunia internasional.

 

Rektor UHN IGB Sugriwa Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si.,mengucapkan selamat atas pencapaian sampai saat ini. Ia paham selama menyelesaikan studi banyak kendala dan tantangan yang dihadapi mahasiswa. Maka dari itu perjuangan yang selama ini telah dilakukan diapresiasi dengan acara pelepasan wisuda hari ini.

 

UHN IGB Sugriwa menerapkan Good University Governance untuk menghasilkan output yang berkualitas. Salah satunya dapat berfungsi sebagai pendidikan tinggi yang terjangkau dari masyarakat. Tak diragukan, lulusan UHN IGB Sugriwa dapat diterima di berbagai lembaga seperti ASN dari berbagai lembaga pemerintah, guru, dosen, Paspampres, dll.

 

Dirjen Bimas Hindu Prof. Duija mengatakan, wisuda ini membuktikan proses akademik berjalan dengan baik. Selain juga membuktikan civitas akademika bekerja dengan baik, keras dan ikhlas mewujudkan generasi muda Hindu ke depan yang berdaya saing. “Keberhasilan ini tidak disebabkan tidak hanya komitmen dari proses akademik yang dijalankan mahasiswa tapi juga komitmen orang tua memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa,” ujarnya.