19/07/2024

Telkom Raih Penghargaan BUMN CSR Award 2022 Kategori Gold

 Telkom Raih Penghargaan BUMN CSR Award 2022 Kategori Gold

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Witel Denpasar kembali mendapat penghargaan BUMN CSR Awards. Pada CSR Awards 2022, Telkom berhasil mencapai kategori gold.

Deputy GM Witel Denpasar, Anak Agung Gde Pemayun ditemui di Kantor Telkom Witel Denpasar, Kamis (24/11) memaparkan, beberapa kegiatan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terlaksana dalam periode kurun waktu 2022 kepada tim site visit penilaian BUMN CSR Award Provinsi Bali Tahun 2022.

Baca Juga :  Kenalkan PLN Kepada Generasi Penerus, Srikandi PLN Lakukan Goes to Campus di Undiknas Denpasar

Telkom Denpasar sendiri berhasil mendapatkan ketegori Gold berturut turut sejak tahun 2018 sampai dengan 2020 dan kategori Platinum pada tahun 2021. Telkom telah menjalankan progam kerja PUMK dengan menyalurkan dana bergulir dengan para UMKM sejak tahun 2002. Untuk tahun 2022 sendiri sampai triwulan 3, Telkom telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 3,6 Miliar kepada 111 mitra binaan.

Pemayun menjelaskan, sebagai BUMN, Telkom berkewajiban untuk mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan kinerja program CSR atau tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Telkom mendukung kegiatan pengembangan masyarakat melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK ) dan Program Pemberdayaan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan ( PSEL ). Program PUMK merupakan program penyaluran dana bergulir untuk membiayai modal kerja dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan para pelaku UMKM dengan sector usaha industry, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan sector lainnya.

Baca Juga :  Kick Off Bali Shanti, Wujud Nyata Kontribusi LSPR Jaga Bali

Sedangkan melalui program PSEL, Telkom memberikan bantuan program bina lingkungan yang meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan atau pelatihan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan prasarana/sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan kelestarian alam dan bantuan social kemayarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Melalui program kerja PSEL, Telkom telah memberikan bantuan renovasi pura, penyerahan bantuan komputer dan orbit di karang taruna Abiansemal, dan penyaluran wastafel di cluster – cluster perumahan.

“Secara korporasi, Telkom menyisihkan 1,5 % dari Net Income untuk program CSR. Telkom dengan unit CDCnya secara rutin dan konsisten terus membantu masyarakat lokal untuk mengembangkan usahanya.” ujar Agung Pemayun.

Disebutkan selain pemberian bantuan dalam bentuk financial, Telkom juga memberikan pembekalan pelatihan usaha baik secara offiline maupun online.
Selain program diatas, Agung Pemayun menyampaikan bahwa Telkom melakukan kerjasama dengan kepala lingkungan untuk memberikan layanan fasilitas internet di banjar / desa adat.

Agung Pemayun menyebutkan dalam melakukan pelayanan kepada pelanggan, Telkom selalu berinovasi untuk memberikan kemudahan secara digital. Aplikasi My IndiHome merupakan salah satu bentuk IT Toold yang disiapkan Telkom untuk pelanggan dalam melakukan proses pasang baru, cek tagihan, lapor gangguan dan tukar poin.

Selain itu disebutkan bahwa Telkom juga memiliki call center 147 dan social media yang siap melayani pelanggan.
“Semoga keterlibatan kami dalam ajang penghargaan BUMN CSR Award ini dapat memacu semangat kami untuk menjalankan Program CSR yang ada di periode selanjutnya yang dapat mengoptimalkan potensi dari masyarakat.” Ujar Agung Pemayun.